5 Macam Investasi Yang Sering Digunakan Investor Indonesia


Investasi merupakan suatu tindakan menanam modal atau sumber daya dengan harapan dapat digunakan untuk kebutuhan tertentu di masa depan. Dalam memutuskan berinvestasi, setiap orang memiliki tujuannya masing-masing. Dari tujuan itu akan dikategorikan dalam 3 bentuk investasi, yakni investasi jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

Macamnya investasi juga berbeda. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan dari investor itu sendiri. Secara umum jenis asset investasi dibagi menjadi dua, yakni asset riil dan asset finansial. Aset riil diantaranya adalah emas, tanah, rumah, atau dalam kata lain adalah benda berwujud, sementara asset financial seperti saham, obligasi dan reksa dana, yang wujudnya tidak terlihat namun memiliki nilai yang tinggi.

Dalam ulasan ini akan dijabarkan satu per satu macam investasi yang sering kali digunakan oleh investor Indonesia.

  1. Properti

Properti seperti rumah, tanah, apartemen, dan sejenisnya, kerap kali menjadi barang investasi bagi masyarakat Indonesia. Para investor membeli tanah, lalu membangun rumah atau apartemen kemudian disewakan kepada orang lain. Investasi ini masuk dalam kategori investasi jangka menengah karena dapat memberikan penghasilan secara periodik kepada pemilik properti.

Baca: Cara Menjadi Broker Properti Sukses

  1. Saham

Jenis investasi lainnya adalah membeli saham. Dengan membeli saham, Anda akan menjadi salah satu pemilik dari sebagian perusahaan tersebut. Saham akan memberikan Anda keuntungan berupa deviden jika perusahaan bersangkutan mengalami keuntungan. Selainitu, saham juga bisa Anda jual lagi dengan harga yang lebih mahal (capital gain) atau dengan harga yang lebih rendah (capital loss).

Baca: 6 Pertimbangan Investasi Saham yang Untung Terus

  1. Emas

Jenis investasi yang paling sering dipakai adalah emas. Investasi ini bisa diwujudkan dengan perhiasan berbahan emas murni. Kenaikan harga emas akan mengikuti kenaikan nilai mata uang negara G7 (Jepang, Amerika, Kanada, Perancis, Italia, Inggris & Jerman). Dan harga emas juga akan meningkat seiring dengan meningkatnya angka inflasi.

Baca: Tips Sukses Investasi Emas yang Menguntungkan

  1. Tabungan Di Bank

Tabungan di bank juga merupakan salah satu dari macam-macam investasi. Menjadi nasabah di sebuah bank dengan membuka rekening tabungan, akan membantu Anda berinvestasi untuk tujuan tertentu. Jenis investasi ini biasanya digunakan untuk waktu jangka panjang.

  1. Reksa Dana

Bagi masyarakat yang masih awam dalam pengetahuan masalah analisis investasi, atau masyarakat yang tidak memiliki cukup waktu dalam mengawasi pergerakan harian obligasi dan saham, bisa melakukan investasi di Reksa dana. Reksa dana merupakan alternatif bagi masyarakat yang memiliki dana terbatas, namun ingin berinvestasi dalam banyak aset.

Baca: Apa Perbedaan Reksadana dan Saham

Pilih Macam Investasi Yang Sering Digunakan Investor Indonesia

Itulah ulasan kesemua macam investasi yang sering digunakan investor Indonesia. Ingin bergabung menjadi salah satu investor? Pilihlah yang paling sesuai dengan pengetahuan dan kepercayaan diri Anda dalam berinvestasi. Semoga berhasil.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+