5 Fungsi Kepemimpinan dalam Organisasi dan Manajemen

Manajemen yang efetif dalam organisasi merupakan hasil dari terlaksananya fungsi kepemimpinan dalam organisasi. Dalam menjalankan organisasi, setidaknya ada 5 fungsi dari kepemimpinan meliputi perencanaan, pengaturan, kepegawaian/personalia, koordinasi dan pengendalian. Kesemua fungsi itu memisahkan proses manajemen dari fungsi bisnis lainnya seperti marketing, akunting dan keuangan.

Penjelasan Fungsi Kepemimpinan dalam Manajemen Organisasi

Perencanaan

Fungsi dari perencanaan dalam kepemimpinan organisasi memegang semua kendali akan perencanaan yang memungkinkan organisasi untuk berjalan lancar. Perencanaan mencakup pentafsiran tujuan dan menentukan jalur yang paling efektif untuk mewujudkan hasil itu. Umumnya, perencanaan itu fleksibel, sejalan dengan para perencana yang harus mengkoordinasikan berbagai hal kepada semua tingkatan manajemen dan kepemimpinan dalam organisasi. Perencanaan juga melibatkan pengetahuan sumber daya organisasi dan masa depan tujuan organisasi.

Baca: 5 Sumber Kekuasaan dalam Organisasi

Pengaturan

Fungsi dari pengaturan dalam kepemimpinan mengendalikan semua struktur organisasi. Struktur organisasi ini merupakan pondasi semuanya, tanpa struktur ini, aktivitas keseharian dari organisasi akan sulit dan mengarah pada kegagalan. Pengaturan melibatkan pembuatan tugas dan tanggung jawab untuk karyawan dengan keahlian khusus yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas. Pengaturan juga melibatkan pengembangan struktur organisasi dan rantai perintah dalam organisasi.

Personalia/Kepegawaian

Fungsi dari personalia dalam kepemimpinan organisasi mengendalikan semua rekrutmen dan kebutuhan karyawan dari organisasi. Tujuan utama dari personalia adalah untuk mempekerjakan orang yang tepat untuk posisi yang tepat agar tujuan organsasi tercapai. Personalia melibatkan lebih dari sekedar menerima seseorang bekerja. Personalia juga mencakup pelatihan dan pengembangan karyawan, penilaian kinerja, promosi dan transfer karyawan. Tanpa fungsi personalia, sebuah organisasi usaha akan gagal karena organisasi tidak didukung oleh tenaga yang sesuai untuk mencapai tujuan.

Baca: Baca: Peran Humas Dalam Organisasi

Koordinasi

Fungsi koordinasi dalam kepemimpinan organisasi mengendalikan semua kegiatan pengaturan, perencanaan sampai personalia untuk menjamin semua fungsi berjalan beriringan untuk kebaikan organisasi. Umumnya koordinasi diwujudkan dalam bentuk rapat rutin dan sesi perencanaan lainnya dalam departemen terkait dari organisasi. Aktivitas ini untuk menjamin bahwa semua departemen berada dalam pemahaman dan jalur yang sama mencapai tujuan. Dalam berkoordinasi keahlian terkait lainnya akan dibutuhkan seperti komunikasi, pengawasan, dan bimbingan.

Pengendalian

Fungsi pengendalian dari kepemimpinan organisasi sangat berguna untuk menjamin semua fungsi berada pada jalurnya dan berjalan dengan sukses. Pengendalian akan membutuhkan adanya standard an pengawasan output karyawan untuk menjamin performa masing-masing karyawan memenuhi standar. Proses pengendalian kerap mengarah pada identifikasi dari masalah dan situasi yang dibutuhkan untuk membahas sebuah standar baru. Tingkat kinerja akan mempengaruhi kesuksesan seluruh aspek organisasi.

Sudah Paham Fungsi Kepemimpinan Dalam Organisasi?

Itulah kelima fungsi kepemimpinan dalam organsasi. Pada dasarnya sifat kepemimpinan dalam organisasi bisa satu arah ataupun dua arah. Dalam menentukan jenis kepemimpinan seperti apa yang berjalan, atau apa yang cocok dalam sebuah organisasi jelas akan bergantung pada budaya kerja organisasi itu sendiri.

Misalkan, fungsi kepemimpinan satu arah lebih cocok untuk perusahaan yang dimiliki orang perorangan sedangkan fungsi kepemimpinan dua arah mungkin tidak cocok untuk perusahaan orang perorangan. Untuk perusahaan go publik, fungsi kepemimpinan akan lebih efektif dua arah.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Ubah Bakatmu Jadi Uang: Menulis, Desain Grafis, Programing, dll. Cetak Uang Sekarang
+