5 Fakta Meningkatkan Posisi Artikel di SERPs

Setelah Anda cukup lama belajar SEO mungkin sudah mulai tertarik dengan SERPS. Meningkatkan posisi artikel di SERPs bukanlah hal mustahil. SERPs atau posisi link artikel blog di hasil mesin pencari bisa jadi penentu ramai tidaknya sebuah blog. Semakin baik posisi artikel di SERPs maka semakin besar peluang blog itu tumbuh besar karena kebanjiran ribuan pengunjung online.

Seperti dapat diketahui dengan mudah bahwa saat ini sudah banyak panduan meningkatkan posisi artikel di SERPs yang bisa Anda coba dan dapatkan namun dari kesemua panduan, tips atau trik yang ada itu, mungkin Anda merasa tidak ada dampaknya sama sekali.

Atas dasar hal itu, maka notordinaryblogger mencoba untuk mengupas tips meningkatkan posisi artikel di SERPs dengan mengungkap fakta yang ada. Fakta tersebut merupakan sebuah eksperimen dari postingan terdahulu yang berjudul cara cek posisi artikel di Google.

Hasil eksperimen tersebut menunjukkan sebuah fakta SEO yang bisa dibilang menghapus beberapa mitos meningkatkan posisi artikel di SERPs. Apa saja faktanya?

Tingkat Persaingan

Pertama tentu saja tingkat persaingan atas tema artikel yang Anda buat. Semakin “panas” tingkat persaingannya tentu semakin sulit untuk bisa mencapai posisi teratas di SERPs. Untuk mengatasi hal ini tidak ada salahnya Anda menambah wawasan mengenai google analytics dan cara menggunakan keyword planner.

Panjang Pendek Artikel

Artikel yang dijadikan contoh tadi sepanjang 647 kata (kurang lebihnya). Ini berarti memang Artikel dengan panjang diatas 500 kata memiliki peluang lebih baik untuk menempati posisi SERPs yang baik juga. Meskipun demikian, artikel sepanjang 200 kata bisa saja menempati peringkat atas SERPs jika memang tingkat persaingannya rendah atau tidak ada persaingan sama sekali.

Ilustrasi Bisa Memberi Nilai Tambah

Dari sekitar 500 postingan yang ada di notordinaryblogger tercatat bahwa postingan yang menggunakan ilustrasi gambar (bukan sekedar tulisan) cenderung memiliki peluang meningkat posisi SERPs nya dibandingkan postingan yang sekedar tulisan saja.

Tanpa Backlink Tapi Internal Link

Backlink merupakan satu hal penting dalam SERPs. Untuk bisa mendapatkan backlink berkualitas ternyata tidak perlu pusing-pusing mendata ratusan atau ribuan blog yang ada di internet. Dengan memanfaatkan blog sendiri hal ini bisa dilakukan yaitu dengan cara internal linking.

Internal linking pada dasarnya menghubungkan satu postingan ke postingan lainnya dalam sebuah blog. Algoritma mesin pencari menghitung internal linking ini sebagai tambahan “dukungan” bagi sebuah blog. Oleh karena itu pastikan Anda tidak melewatkan strategi internal linking dalam melakukan hobi ngeblog untuk meningkatkan peringkat blog secara perlahan tapi pasti.

Link Komentar

Link komentar bagaimanapun juga bisa membawa pengunjung ke postingan-postingan terkait. Oleh karena itu ada baiknya Anda merespon setiap komentar yang hadir di blog Anda. Setiap kunjungan ke sebuah postingan blog dari manapun asalnya (internal link atau link komentar) akan menambah jumlah view blog dan menambah dukungan untuk perbaikan SERPs blog Anda.

Sebagai contoh notordinaryblogger memanfaatkan fitur commentluv (hanya tersedia untuk wordpress premium) untuk link komentar ini. Hal ini cukup ampuh memasarkan konten-konten blog yang ada. Melalui fitur comluv ini tidak hanya link blog bisa ditambahkan tapi juga link ke postingan terbaru kita.

Ayo Tingkatkan Posisi Artikel di SERPs

Nah itulah kesemua fakta tips ngeblog yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan posisi artikel di SERPs untuk mendatangkan banyak manfaat positif untuk blog Anda. Ingatlah bahwa fakta ini terungkap dari sebuah proses yang memakan waktu, meskipun perlahan namun hasilnya pasti dan sangat bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga meraih hasil positif yang lebih baik.

2 Comments

  1. Daniel Nagata Juli 24, 2015
  2. dhiwa Agustus 18, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge

Close
HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+