5 Cara Mudah Membuat Kreativitas Mengalir Terus

  • 1
    Share

Menulis artikel tidak berarti sekedar menuangkan pikiran kedalam kalimat. Anda harus menangkap minat pembaca dan membuat pembaca terus menyimak sampai akhir. Untuk bisa mengirim pesan kepada pembaca Anda harus mendapatkan perhatian mereka dan memegang minat mereka dan merangsang rasa penasarannya.

Resep utama untuk membuat banyak artikel berkualitas adalah kreativitas tingkat tinggi. Kreativitas mungkin datang secara alami untuk banyak orang, namun beberapa orang mungkin akan merasa mentok sehingga akhirnya frustasi. Banyak blogger pusing tujuh keliling saat menghadapi kondisi kekeringan inspirasi untuk menulis sehingga kreativitas tidak mengalir alami.

Meletakan kalimat kedalam sebuah gambar di benak pembaca merupakan sebuah seni. Penjelasan yang mudah dan tidak berbelit membutuhkan sedikit dorongan yang hanya bisa diberikan oleh kreativitas. Perumpamaan mungkin membantu sekali namun cara menggabungkan kata demi kata, kalimat demi kalimat sampai paragraph demi paragraph menjadi seluruh artikel merupakan esensi penting sebuah artikel.

Kemudian apa yang Anda lakukan jika sama sekali tidak ada kreativitas? Tentu tidak ada rumus pasti sebagai jawaban sempurna untuk membuat kreativitas mengalir terus. Tidak seorang pun bisa menjamin Anda bisa memiliki pikiran sempurna namun banyak cara bisa membantu Anda menemukan ketenangan pikiran dan kreativitas yang dibutuhkan. Nah, inilah kelima cara mudah membuat kreativitas mengalir terus.

1)Bawa jurnal harian. Sebuah ide dapat muncul dari apapun yang Anda dengar, lihat atau cium. Indera tubuh Anda merupakan pendeteksi ide hebat. Tulis semuanya dalam sebuah jurnal dan simpan untuk referensi di masa depan. Anda bisa juga menulis apapun yang dibaca atau dengar, atau ide orang lain juga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan ide sendiri dan itu bukanlah mencuri. Ingatlah bahwa ide dan kreativitas dapat datang dari berbagai arah tanpa mengenal waktu. Cara Anda mengembangkan ide itulah yang membuatnya unik.

2)Tenang dan luangkan waktu untuk menyelesaikan segala sesuatu yang diperlukan. Pikiran yang semrawut tidak bisa menciptakan ruang untuk sebuah ide baru. Semua orang harus memiliki pikiran jernih untuk memiliki kreativitas dengan kecepatan tinggi. Atasi semua kendala yang bisa menghambat kreativitas Anda. Jika pikiran Anda terganggu Anda tidak akan bisa memaksa pikiran untuk tetap fokus.

Cobalah tenang dan pikirkan pengalaman dan interaksi Anda dengan orang lain. Pengalaman Anda akan membentuk cara berpikir dan pendapat Anda yang bisa dituangkan menjadi sebuah artikel. Coba jelajahi diri Anda sendiri, teukan apa yang memicu emosi Anda. Temukan apa yang menginspirasi Anda dan apa yang membuat Anda “tergugah”. Anda bisa memanfaatkan emosi ini untuk menolong diri sendiri mendeskripsikan ide kedalam artikel. Dengan cara ini, Anda akan tumbuh sebagai pribadi yang kreatif.

3) Ciptakan suasana kerja yang memicu kreativitas. Suasana kerja Anda bisa menjadi penghalang utama tanpa disadari terlebih jika suasana itu tidak membuat Anda merasa tenang dan bahagia. Kreativitas akan datang pada pikiran yang tenang dan suasana kerja yang tidak teratur akan mengalihkan ketenangan pikiran Anda sehingga kreativitas tidak mengalir.

Letakan benda-benda kesukaan Anda di sekitar lingkungan kerja. Anda bisa meletakan lukisan, benda tertentu atau objek apapun yang bisa menggugah kreativitas Anda. Tempat kerja yang bersih dapat menambah fokus Anda kepada kreativitas karena Anda bisa bekerja dengan tenang dan nyaman tanpa rasa gelisah.

4) Atur “mood”. Mengatur mood membutuhkan keahlian khusus untuk membawa diri Anda ke suasana tenang. Menemukan apa saja yang bisa membuat Anda tenang merupakan cara dahsyat membuat kreativitas mengalir terus.

Ada banyak cara bisa dilakukan untuk mengatur mood Anda. Beberapa penulis seringkali menggunakan alcohol, wine atau rokok untuk menggugah imaginasi yang mengarah ke kreativitas mereka. Beberapa penulis lain memilih musik dan lainnya memilih tata cahaya ruangan untuk membangkitkan mood mereka.

5) Nikmati hidup. Membiarkan diri Anda menikmati hidup dan menikmati kesenangan bisa memacu adrenalin yang membuat imajinasi Anda lepas tanpa beban. Cobalah berpetualang ke alam liar atau mendaki gunung. Apapun aktivitas itu yang penting tidak biasa Anda lakukan dalam rutinitas harian. Kreativitas Anda akan mengalir terus dari pengalaman “tidak biasa” itu.

Terapkan Kesemua Cara Membuat Kreativitas Mengalir Terus

Itulah kesemua cara membuat kreativitas Anda mengalir terus. Adakah cara lain yang bermanfaat namun belum terungkap? Silahkan berbagi di kolom komentar.

Tips Penting lainnya:


  • 1
    Share
  • 1
    Share

4 Comments

  1. Nur November 28, 2015
  2. hyden Desember 5, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+