5 Cara Mendapatkan Uang dari Blog Gratis Berbahasa Indonesia

Suatu hal yang gratis memang menarik perhatian banyak orang tidak terkecuali blogger. Seiring perkembangan teknologi saat ini sangat mudah untuk membuat blog gratis dan kemudian menghasilkan uang dari blog itu. Khusus untuk postingan kali ini akan membahas cara mendapatkan uang dari blog gratis yang bisa segera diterapkan oleh Anda.

Marketing Afiliasi

Marketing afiliasi merupakan cara kuno yang bisa dipraktekan untuk mendapatkan uang dari blog gratis. Sesuai tema blog Anda maka layanan marketing afiliasi yang bisa digunakan pun akan beragam. Misalkan untuk blog bertema “gaya hidup” bisa mempromosikan produk-produk fashion dan aksesorisnya dengan menampilkan banner afiliasi yang tersedia.

Untuk blog yang membahas resensi buku bisa menampilkan banner afiliasi produk buku yang berkaitan dengan topik blog Anda.

Bahkan blog tentang kebun bisa membahas berbagai produk digital yang berkaitan dengan tema itu seperti ebook panduan dan sebagainya.

Untuk bisa segera mendapatkan uang dari blog gratis dengan cara marketing afiliasi Anda hanya perlu mendaftar ke layanan yang tersedia seperti:

  • Lazada (untuk produk umum seperti jam tangan, baju, buku, sampai elektronik)
  • Blibli (untuk produk umum seperti jam tangan, baju, buku, sampai elektronik)
  • Tiket (untuk layanan pemesanan tiket kereta, pesawat, sampai event khusus)
  • Ratakan (untuk produk digital seperti ebook, software marketing dan sebagainya)

Anda hanya perlu menentukan ada pada topik apa blog Anda dan bergabung pada jaringan marketing afiliasi yang tersedia.

Publisher Iklan PPC

Menjadi publisher iklan PPC merupakan salah satu cara lain yang sudah lazim digunakan para blogger. Kendala utama untuk menjadi publisher iklan PPC dengan blog gratis adalah menemukan layanan yang mengijinkan blog gratis untuk tergabung kedalamnya.

Cukup sulit menemukan layanan program iklan PPC yang mau menerima blog gratis. satu penyedia program PPC yang jelas adalah Adsense, namun bergabung di program Adsense sangatlah sulit. Salah satu alternatif adsense yang mau menerima blog gratisan sebagai publisher iklan adalah adhitz.

Publisher Iklan CPM

Hampir sama dengan publisher iklan PPC, dalam program CPM Anda akan mendapat bayaran atas setiap pengunjung yang datang. Pengunjung itu tidak perlu ngeklik banner iklan sebagaimana program PPC, dengan demikian peluang blogger menghasilkan uang dari blog gratisan tentu lebih besar. Salah satu layanan CPM yang terpercaya adalah alternatif google adsense ini.

Menawarkan Program Referal

Program referral hampir tersedia di berbagai program bisnis saat ini. Sebut saja peluang bisnis paid to click, program investasi online dan sebagainya. Inti dari program referral adalah Anda menampilkan penawaran baik berupa link atau banner di blog gratis milik Anda dan jika ada yang mendaftar dari usaha Anda tersebut akan ada sejumlah komisi yang Anda dapatkan.

Kunci utama dari program referral adalah menemukan program yang terpercaya, terbukti membayar dan menarik minat. Misalkan adalah program paid to click yang sudah pasti menarik karena siapapun bisa mendaftar gratis dan bisa menghasilkan uang sejak pertama bergabung sebagai member baru. Tawaran seperti ini tentu menarik banyak orang. Beberapa program jenis paid to click yang masuk kategori ini adalah:

Jika Anda sudah tergabung kedalam program diatas Anda dapat dengan mudah mengcopy kode promosi banner untuk ditampilkan di blog gratisan Anda. Setiap orang yang bergabung dari jerih payah Anda mempromosikan program itu di blog gratisan Anda akan mendapat imbalan.

Menawarkan Space Iklan Langsung

Satu hal lagi yang jelas adalah menawarkan space iklan kepada pihak lain yang berminat memasangkan iklannya. Anda leluasa menentukan tarif atas space iklan yang ditawarkan. Pandai-pandailah dalam menentukan tariff iklan tersebut agar makin banyak orang tertarik dengan tawaran yang Anda berikan.

Kendala Utama Mendapatkan Uang dari Blog Gratis Berbahasa Indonesia

Kendala terbesar blogger menggunakan blog gratis untuk bisnis adalah meningkatkan trafik blog. Semakin besar trafik blog yang didapatkan tentu semakin banyak peluang yang Anda dapat untuk menghasilkan uang dari blog gratis itu.

Platform blogspot merupakan satu jenis yang sering digunakan blogger karena memang mudah sekali untuk membuat blog gratis blogger.com. karena kemudahan itu maka tidak heran jika banyak blogger menggunakan platform blogspot.

Mengatasi Kendala Utama

Jika Anda sudah mengetahui kendala utama dalam mendapatkan uang dari blog gratis, lalu bagaimana mengatasinya?

  1. Tingkatkan pemahaman SEO Anda (dapatkan buku panduan SEO gratis ini)
  2. Pahami cara menulis banyak artikel blog berkualitas dengan cepat
  3. Gunakan template blogger yang SEO Friendly dan Siap Adsense
  4. Pahami cara membuat blog SEO Friendly

Siap Terapkan Cara Mendapatkan Uang dari Blog Gratis Ini?

Itulah semua trik dan strategi yang bisa Anda coba dan terapkan untuk mendapatkan uang dari blog Anda sesegera mungkin. Jika Anda memang berniat untuk bisa mewujudkannya pastikan untuk prioritaskan kualitas konten dalam mempraktikan cara mendapatkan uang dari blog gratis ini. Lambat laun, hasil positif akan Anda dapatkan dengan pasti. Selamat mencoba dan semoga sukses.

 

One Response

  1. nazrull April 29, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge

Pinjam Uang Untuk Lebaran Secara Online. Aman, Nyaman, PraktisPinjam Uang
+