4 Proses Pengambilan Keputusan Organisasi

Jika sebelumnya sudah dibahas tahap pengambilan keputusan seorang manajer kini saatnya melihat gambaran besarnya, proses pengambilan keputusan organisasi. Dalam konteks ini keputusan akan diambil pada setiap tingkatan di organisasi. Seorang manajer tidak seharusnya mengasumsikan dirinya benar dalam setiap keputusan yang harus dibuatnya. Dalam hal itu, beragam proses pengambilan keputusan perlu dilewati bergantung dari situasi yang Anda hadapai. Apa saja prosesnya?

Identifikasi Masalah

Sebelum mengambil keputusan apapun, organisasi perlu mengidentifikasi permasalahan spesifik yang dihadapi. Tidak melakukan hal ini dapat membuat keputusan yang salah sasaran. Pemimpin organisasi perlu mengevaluasi masalah dengan semua karyawan sehingga semuanya paham masalah itu. Kemudian membuat keputusan yang berfungsi sebelumnya jika prosesnya benar untuk menyelesaikan masalah itu.

Analisa Perspektif Beragam

Terkadang menggunakan analisa perspektif beragam untuk mengambil keputusan sangatlah baik sehingga seorang pemimpin atau manajer dapat memaksa diri mereka keluar dari kebiasaan berpikirnya. Seorang professor dari Universitas Baltimore dalam tulisannya “Leadership Decision Making” mengungkap metode ini dan langkah-langkahnya. Dengan memakai 6 topi berbeda, Anda dapat membuat keputusan menggunakan pendekatan cara berpikir yang berbeda. Sebagai contoh, topi merah menggunakan reaksi dan emosi, atau responsif saat orang lain bereaksi saat keputusan dibuat. Topi hijau menggunakan kebebasan kreativitas dalam membuat keputusan. Tulisan itu juga mencatat bahwa keputusan dapat dibuat menggunakan pandangan berbeda dari konsumen atau profesi yang beragam.

Keputusan Jangka Pendek

Proses pengambilan keputusan organisasi lainnya adalah keputusan jangka pendek. Keputusan ini umumnya digunakan untuk menyelesaikan masalah yang segera yang diterapkan oleh karyawan. Cara ini melibatkan langkah praktis untuk outcome yang cepat. Misalkan, keputusan bisa berupa memilih layanan antar tertentu untuk mengantarkan produk kepada konsumen.

Tindak Lanjut dan Masukan

Setelah organisasi mengambil keputusan, seorang manajer atau pimpinan perusahaan perlu menindaklanjutinya untuk memastikan penerapannya dengan baik. Kemampuan komunikasi dengan semua karyawan yang terlibat dalam penerapan keputusan sangat penting di tahap ini. Selanjutnya, seorang pemimpin organisasi harus mendapatkan masukan dari pihak-pihak yang terkena dampak langsung keputusan itu. Dengan melakukan hal tersebut, organisasi dapat mengetahui apakah keputusan yang diambil itu tepat atau tidak. Praktik ini akan membantu Anda meningkatkan keahlian membuat keputusan penting akan bisnis Anda di masa depan.

Siap Terapkan Proses Pengambilan Keputusan Organisasi?

Terlepas dari ukuran organisasi yang Anda miliki sekarang, apakah besar, kecil atau menengah, pengambilan keputusan tidak dapat dihindari. Jika Anda ingin yang terbaik untuk organisasi Anda, pastikan untuk mempertimbangkan proses pengambilan keputusan organisasi yang dibahas dalam postingan ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Promo Hari Buruh. Sepatu Untuk Pengendara Motor, All Bike Ap Boots Hanya Rp42.000,- Bayar DitempatBeli Sekarang