4 Pengaruh Facebook Reactions pada Online Marketing

Jika Anda sering meluangkan waktu bersama facebook, mungkin Anda memperhatikan ada yang baru di timeline facebook. Ada lima jenis emoji yang menggantikan tampilan “like” yang lama. Inilah yang dinamakan facebook reactions.

Facebook telah melakukan ujicoba fitur ini di seluruh dunia untuk beberapa bulan sebelumnya dan pengguna sudah mengetahui hal ini beberapa minggu sebelum peluncurannya. Bagi orang awam, facebook reactions mungkin sekedar fitur yang menghibur, namun bagi pemasar online kehadiran facebook reactions memiliki arti khusus yang akan mempengaruhi upaya marketing online di masa mendatang. Apa saja yang penting dalam facebook reactions untuk marketing online?

Apa itu Facebook Reactions?

Pada dasarnya fitur ini merupakan perkembangan tombol “Like” facebook. Sebelum perkenalan resmi facebook reactions, pengguna facebook hanya bisa memberi “like”, share atau memberi komentar pada sebuah update informasi. Kini pengguna bisa memberikan emosi dalam lima ragam yang menunjukkan suasana hati sebagai reaksi atas informasi yang diberikan. Lebih dari sekedar emoji, facebook menawarka reaksi berupa “wow, love, haha, marah dan sedih”.

Ilustrasi Facebook Reactions

Kenapa Facebook Reactions Penting?

Facebook reactions disediakan untuk memudahkan pengguna berinteraksi dengan postingan facebook melalui cara yang lebih kompleks karena pada dasarnya tidak semua momen itu selalu bahagia.

Menulis komentar facebook mungkin bukan masalah bagi pengguna laptop, namun untuk pengunjung mobile, facebook menyadari bahwa layar kecil bisa menjadi kendala serius berbagi perasaan atas sebuah postingan facebook.

4 Pengaruh Facebook Reactions pada Online Marketing

Pemasang iklan tidak hanya menyukai facebook reactions namun mereka mencintainya. Sekalipun fitur ini tergolong baru, secara umum sambutannya cukup positif, ulas wired.com. Meskipun masih belum jelas apa pengaruh facebook reactions pada online marketing karena hal ini masih baru, semua sependapat bahwa efeknya akan positif.

Menawarkan Pandangan Lebih akan Perasaan Konsumen

Karena facebook reactions sangat sederhana dan ekspresif, akan semakin mudah bagi brand bisnis menentukan bagaimana perasaan konsumen tentang materi iklan yang disampaikan. Brand bisnis akan mampu melihat jumlah reaksi melalui facebook page insight untuk melakukan penyesuaian yang dibutuhkan.

Meningkatkan Jumlah Interaksi Konsumen

Sebelum fitur facebook reactions diluncurkan, pilihan yang dimiliki konsumen atas konten facebook hanyalah menulis komentar, share, like atau diam saja. Kini dengan fitur baru, akan semakin menggugah keinginan konsumen berinteraksi dengan konten facebook.

Menambah Matrik Evaluasi

Dulu, brand bisnis yang menggunakan facebook hanya mengandalkan matrik komentar dan like yang ada di laman facebook mereka.

Fitur ini akan mempermudah marketer online untuk mengevaluasi marketing konten mereka untuk mendapatkan pandangan cepat akan bagaimana pembaca bereaksi atas materi yang diberikan.

Reaksi akan Mempengaruhi Algoritma Timeline

Meskipun hal ini masih prediksi, sangat mungkin facebook reactions akan menjadi fator penting dalam algoritma timeline facebook. Konten yang mendapatkan reaksi positif/negatif paling banyak akan menghuni tempat khusus “terpaling baik/buruk”. Anda harus menunggu untuk melihat pengaruh yang satu ini karena sepertinya facebook belum ada rencana untuk memasukan faktor reaksi dalam algoritma timeline mereka.

Masa Depan Facebook Reactions pada Online Marketing

Fitur ini memang masih baru namun respon pengguna terbilang positif. Dengan menyediakan fitur reaksi ini, pengguna facebook bisa lebih banyak berbuat dalam hal berinteraksi dengan konten dalam facebook dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Seiring kehadiran facebook reactions beberapa bulan kedepan, dampak facebook reactions pada online marketing sangatlah jelas. Untuk sekarang ini sudah pasti facebook reactions menawarkan banyak keuntungan kepada marketer online.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Promo Hari Buruh. Sepatu Untuk Pengendara Motor, All Bike Ap Boots Hanya Rp42.000,- Bayar DitempatBeli Sekarang