4 Contoh Humas Sederhana

  • 1
    Share

Contoh humas yang dibahas disini akan memperkuat pemahaman Anda akan ilmu humas. Cukup banyak contoh humas yang bisa digunakan untuk usaha kecil. Terlepas apakah Anda memutuskan untuk menyewa konsultan atau tim humas yang mandiri, memahami bagaimana contoh humas itu dapat membantu Anda menciptakan strategi awareness publik.

Media Cetak Humas

Contoh humas dalam media cetak umumnya terdiri dari proses dimana humas dilakukan dengan rilis press ke banyak surat kabar yang ada. Humas bentuk ini biasanya mempromosikan jika ada perubahan dalam perusahaan, peluncuran produk atau layanan baru. Surat kabar umumnya menggunakan materi rilis press untuk sebuah cerita atau membuat interview mendalam lanjutan akan rilis press itu. Agen rilis press lazim memiliki beberapa daftar surat kabar yang bisa diandalkan untuk tujuan rilis press.

Media Audio Visual Humas

Contoh humas dalam bentuk audio visual memiliki esensi yang mirip dengan humas media cetak. Informasi dikirimkan ke program-program yang berkaitan dengan tema promosi. Penyiar radio dapat membuka sebuah interview untuk seorang ahli yang sudah memiliki reputasi di bidangnya. Untuk televisi, mengincar interview televisi tingkat lokal mungkin lebih mudah ketimbang tingkat nasional. Radio dan televisi merupakan contoh sederhana humas audio visual ini.

Humas Media Online

Humas media online semakin populer dan diterapkan dalam beragam bentuk. Pertama bentuknya pasif. Sebuah informasi ditulis dan dioptimalkan dengan kata kunci yang berkaitan dengan produk atau bisnis. Informasi ini kemudian dimuat di beragam blog atau website yang hasilnya dimuat oleh mesin pencari. Informasi dari perusahaan itu akan muncul jika pengguna internet mencari kata kunci yang sesuai itu. Kampanye media sosial juga menjadi kebiasaan dalam contoh humas media online. Cukup banyak brand besar menerapkan hal ini melalui akun fanpage mereka.

Humas Manajemen Reputasi

Manajemen reputasi cukup lazim dipraktekan namun kerap kurang maksimal saat penerbitannya. Hal itu merupakan dikotomi langsung dalam humas. Kampanye ini digunakan untuk membentuk opini publik. Cara paling lazim adalah memuat komentar positif di blog/website dimana perusahaan itu menerima informasi negatif. Atau secara agresif menyerang perusahaan lain yang menjelekan mereka.

Ada Contoh Humas Lainnya?

Itulah keempat contoh humas yang bisa diungkap melalui postingan kali ini. Untuk sebuah usaha kecil, tentu saja humas berkaitan erat dengan promosi usaha. Itu sebabnya pelaku usaha kecil tidak bisa mengabaikan hal ini begitu saja.


  • 1
    Share
  • 1
    Share

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+