4 Cara Menentukan Harga Jual Produk Bisnis

Cara menentukan harga jual yang efektif akan suatu produk bisnis sangat penting untuk kesuksesan sebuah usaha kecil. Memberikan harga terlalu tinggi maka konsumen akan lari. Harga terlalu murah maka Anda akan rugi. Dalam upaya menentukan harga yang tepat akan melibatkan beberapa aspek. Beberapa aspek itu meliputi biaya produksi/perolehan atau biaya lainnya, tingkat kompetisi dan margin keuntungan yang diinginkan. Aspek yang diluar kendali seperti kebutuhan uang mendadak juga bisa mempengaruhi bagaimana Anda menentukan harga jual produk bisnis. Apa saja caranya? Ini dia 4 cara menentukan harga jual produk bisnis.

Tehnik Harga Miring

Jika Anda ingin menjual produk dengan cepat maka tehnik harga miring akan berfungsi dengan sempurna. Berikan harga yang layaknya ada di pasar murah. Tehnik harga miring sangat cocok untuk menjual barang bekas seperti furniture, perlengkapan rumah, komputer, spare part untuk barang-barang yang sudah tidak diproduksi lagi dan sebagainya.

Tehnik Tambahan Biaya Perolehan

Menambahkan prosentase atau rupiah kedalam biaya perolehan produk merupakan tehnik tambahan biaya perolehan. Penjual ritel kebanyakan menerapkan cara praktis dari tehnik ini yaitu melipatgandakan harga perolehan sebagai harga jual. Misalkan jika produk memiliki biaya perolehan Rp 50.000 maka dijual Rp 100.000. Tehnik ini cocok untuk barang produksi pabrik. Dalam hal ini, masukan biaya pembuatan ditambah biaya buruh. Jika Anda menjual produk pakaian bordir maka Anda akan memasukan biaya kain, bordir dan buruh menjahit. Cara kebalikannya adalah dengan menentukan jumlah keuntungan yang ingin dihasilkan dan menambahkan prosentasi keuntungan kedalam setiap biaya produksi barang.

Tehnik Kekuatan Pasar

Dalam kondisi ini, harga ditentukan berdasarkan kekuatan konsumen dalam pasar Anda. Oleh karenanya akan ada banyak penyesuaian untuk menemukan harga yang ideal dengan tehnik ini. Tehnik ini cocok untuk menjual produk khusus (koleksi), atau langka termasuk harga sebuah layanan jasa atau konsultasi.

Tehnik Analisa Kompetitif

Tidak semua produk memiliki nilai sama dimata konsumen. Analisalah persaingan pasar untuk menentukan bagaimana produk Anda bisa berjalan lebih baik dibandingkan pesaing. Sekalipun Anda salah satu penjual kue di satu wilayah yang sama, kue Anda bisa saja bebas gula atau rendah kalori. Ini berarti konsumen mau membayar lebih demi kue rendah kalori Anda. Layanan konsumen, bantuan teknis atau kecepatan kerja yang lebih baik merupakan alasan tambahan untuk meningkatkan harga jual. Ingatlah bahwa harga terlalu tinggi atau rendah dari tingkat persaingan perlu disesuaikan. Misalkan, jika Anda menjalankan bisnis jasa konstruksi dengan biaya 25% lebih murah dari pasaran, konsumen bisa berpikir Anda tidak berkualitas.

Menentukan Harga Jual Produk dengan Bijak

Dalam bisnis tentu keuntungan itu penting dan menjadi hak Anda untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan biaya produksi seminimal mungkin. Dengan pertimbangan cukup ketatnya persaingan berbisnis sekarang ini Anda perlu bijak dalam menentukan harga jual produk bisnis.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Promo Hosting Murah Hanya Rp 29ribuan/bulan Gratis Domain Selamanya! Buruan cuma sampai 5 Mei 2017Beli Hosting Sekarang