4 Cara Cerdas Menghemat Uang Belanja Untuk Ibu Rumah Tangga


Cerdas menghemat uang belanja merupakan kunci sukses finansial. Sebagai seorang ibu rumah tangga yang mengelola keuangan khususnya, uang belanja memang telah menjadi suatu tanggung jawab yang akan difungsikan dalam memenuhi semua kebutuhan keluarga.

Tentunya dengan memegang uang belanja, seorang wanita harus pintar-pintar mengatur sehingga terpakai dengan semestinya. Terkadang karena keinginan pribadi, dana yang seharusnya dipakai sebagai uang belanja justru habis dengan sia-sia.

Maka dari itu, supaya uang belanja bisa berguna sebagaimana semestinya, berikut kami berikan 4 cara cerdas dalam menghemat uang belanja.

  1. Membuat daftar prioritas

Cara pertama yang paling sering ampuh digunakan dalam menghemat uang belanja adalah membuat daftar prioritas. Utamakan semua hal yang Anda butuhkan. Buat list dari angka 1 sampai ke-sekian yang memuat hal-hal apa saja yang paling sering dibutuhkan dalam keluarga.

Membuat daftar prioritas itu wajib, khususnya bagi seorang ibu rumah tangga yang selalu mendapat tugas membawa uang belanja. Dengan adanya daftar prioritas, Anda akan lebih mengerti kemana perginya uang belanja itu. Dan sudah barang tentuakan menghindari Anda dari yang namanya boros.

  1. Membandingkan harga secara online

Langkah selanjutnya dalam menghemat uang belanja adalah dengan membandingkan harga barang satu dengan barang lainnya. Contohnya adalah harga minyak goreng per-liternya. Cek harga tiap merk minyak goreng di internet. Tentu ada keragaman harga dari merk yang berbeda-beda.

Supaya Anda bisa lebih hemat dalam menggunakan uang belanja, pilihlah merk yang menawarkan harga lebih murah namun dengan kualitas yang bagus. Dengan begini Anda akan lebih menghemat pengeluaran uang belanja.

  1. Beli bahan-bahan makanan sesuai kebutuhan

Kebiasaan buruk yang sering terjadi adalah membeli banyak sekali bahan makanan, dan berakhir dengan membuangnya karena basi. Bahan-bahan makanan memang tidak bisa bertahan lama, karena itu, Anda bukannya hemat justru malah boros karena harus mengganti bahan makanan yang sudah basi itu dengan bahan makanan baru.

Karena itulah, daripada membeli sekaligus dalam jumlah besar, adabaiknya Anda membuat daftar masakan mingguan untuk mengetahui bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan. Dengan cara ini, Anda akan lebih menghemat uang belanja dan bisa digunakan pada keperluan lainnya.

  1. Hindari penggunaan kartu kredit sembarangan

Biasanya karena tergiur akan kemudahan bertransaksi menggunakan kartu kredit, Anda tidak memikirkan dampak negatif-nya dan tanpa sadar membeli banyak sekali barang yang terkadang ada sebagian yang tidak benar-benar dibutuhkan. Tindakan seperti ini justru akan membuat Anda boros. Karenanya, atur penggunaan kartu kredit sebaik mungkin supaya uang belanja tidak habis untuk keperluan yang sia-sia.

Coba Cara Cerdas Menghemat Uang Belanja

Itulah kesemua tips cara cerdas menghematuang belanja yang dapat segera dicoba oleh ibu rumah tangga. Menghemat uang belanja merupakan aspek penting dalam mengelola keuangan rumah tangga yang kerap dianggap remeh. Mungkin karena banyak orang menganggap ini hal rutin sehingga tidak jarang terabaikan. Namun jika dapat dilakukan dengan baik manfaatnya akan sangat luas. Karena pada prinsipnya, berhasil dalam menghemat uang belanja sama dengan disiplin dan bsersyukur dalam mengelola keuangan keluarga yang ada.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+