3 Masalah Umum Yang Buat Ecommerce Jatuh Bangun

Masalah umum yang buat ecommerce jatuh bangun ini penting untuk pemerhati dunia ecommerce yang terus berkembang. Semakin menjamurnya pasar online sekarang ini mungkin tidak berimbas positif pada penjualan toko online Anda.

Mengembangkan ecommerce merupakan hal sederhana yang pertama, mengelola dan memfasilitasi hubungan untuk meningkatkan penjualan merupakan bagian dimana permasalahan akan menghantam. Pertanyaannya tetap, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini?

Terlepas apakah Anda baru memulai bisnis online atau sudah berada di pasar online cukup lama, tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan. Mari lihat beberapa masalah umum yang buat ecommerce jatuh bangun dan bagaimana mengatasinya.

Keamanan Online

Tidak peduli seberapa besar ukuran bisnis Anda, ecommerce Anda bisa menjadi target serangan keamanan online. Banyak pemilik bisnis online tidak menanggapi hal ini dengan serius sebagaimana mestinya.

Kurangnya fokus akan keamanan ecommerce tidak hanya akan menghabiskan dana jangka pendek, namun secara jangka panjang juga. Seberapa nyaman konsumen Anda untuk terus bertransaksi jika informasinya bocor? Jawabnya kemungkinan besar mereka tidak akan lagi bertransaksi di tempat Anda.

Antisipasi dan Pencegahan Serangan Keamanan Online

Membangun hubungan dan kepercayaan antara Anda dan konsumen merupakan hambatan utama. Jangan bahayakan semua kerja keras karena Anda meremehkan kemungkinan menjadi korban serangan.

Uji situs ecommerce Anda beberapa kali untuk mendeteksi kemungkinan celah untuk serangan keamanan online itu. Bertindak cepat untuk meminimalisir kemungkinan ini menimpa Anda sangatlah penting. Luangkan waktu untuk melihat beberapa sistem keamanan yang ada untuk meningkatkan perlindungan Anda.

Baca juga: 21 antivirus terbaik

Kesetiaan dan Kepercayaan Konsumen

Kecuali Anda merupakan brand besar dengan review yang sangat positif, aspek ini akan sangat menantang untuk dikembangkan. Bisnis online kerap jatuh bangun ketimbang toko offline karena absennya pertemuan langsung dan kesempatan melihat produk secara langsung.

Sementara belanja online memiliki keuntungan, bonus penting dari hubungan manusia untuk membangun koneksi dengan konsumen juga tidak kalah penting. Senyuman dan salaman sangatlah kuat dalam dunia pemasaran.

Bangun hubungan

Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk membangun hubungan seperti mengidentifikasi kenapa produk Anda unik disbanding pesaing, menyediakan informasi kontak selain email, menyediakan lokasi dan nomor telepon dan menempatkan jajaran tim dengan jelas.

Anda mungkin saja tidak dapat bertemu langsung, namun menyediakan informasi gambar, sedikit data dan link ke akun media sosial masing-masing tim dapat membantu konsumen memiliki rasa percaya dan yakin untuk berhubungan dengan Anda.

Membuat Konten Interaktif Mudah Dilihat

Disamping memberikan detil informasi, pastikan konten lain seperti review dan blog mudah dilihat. Jika konsumen Anda mampu mengidentifikasi pesan dan menangkap kualitas produk dari review, itu akan memudahkan proses perpindahan dari pengunjung menjadi pembeli.

Terapkan program konsumen setia dan iklan personal

Pastikan konsumen merasa special dan diutamakan dengan membangun program konsumen setia yang sesuai.

 

Mobile

Anda akan berpikir saat ini semua toko online memprioritaskan untuk menjamin bahwa situs mereka tidak hanya mobile responsive namun juga tampil elegan dan menarik untuk konsumen. Selain itu, pastikan juga beberapa hal ini:

Membuat Belanja Online dengan Smartphone Mudah

Perhatikan keseluruhan pengalaman belanja dari awal sampai akhir. Buat proses itu mudah untuk konsumen. Jangan buat mereka kesulitan dengan gadget mereka menjelajah toko online Anda.

Jika Anda ingin hasil lebih maksimal dengan tambahan investasi, pertimbangkan untuk membuat aplikasi smartphone untuk meningkatkan pengalaman belanja pengguna smartphone.

Maksimalkan Proses Check Out

Meskipun mayoritas transaksi masih memakai laptop/computer, Anda harus memperhatikan mereka yang menggunakan smartphone juga.

Dengan modifikasi kecil, Anda bisa meningkatkan kualitas website ecommerce dari 6 sampai 10. Ada peluang cukup besar dalam dunia ecommerce. Jangan biarkan potensi Anda jatuh dengan tidak memperhatikan beberapa area yang akan membuat bisnis Anda jatuh.

Hindari Kejatuhan Bisnis Ecommerce Anda

Itulah semua tips padat untuk menghindarkan bisnis ecommerce Anda dari kehancuran. Persaingan memang ketat, itu sebabnya Anda harus selalu menyadari hal-hal yang perlu dikembangkan untuk selalu terdepan.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Ubah Bakatmu Jadi Uang: Menulis, Desain Grafis, Programing, dll. Cetak Uang Sekarang
+