3 Kesalahan Fatal Presentasi Bisnis Yang Sering Terjadi


Presentasi merupakan hal yang sangat penting, dalam memberikan informasi kepada calon konsumen. Biasanya, dalam presentasi bisnis menjadi bagian penting dalam memperkenalkan produk yang ingin ditawarkan. Proses dari presentasi bisnis juga menjadi hal yang sangat penting bagi calon konsumen, untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat dari produk yang ditawarkan. Sehingga dalam presentasi bisnis, sales person sering kali mendapatkan pertanyaan-pertanyaan yang tajam dari calon konsumen. Akan tetapi, sering kali sales person tidak bisa menjawab atau menanggapi pertanyaan-pertanyaan dari calon konsumen. Hal ini menjurus pada terjadinya kesalahan fatal presentasi bisnis tersebut. Adapun beberapa kesalahan fatal yang sering terjadi dalam presentasi bisnis, adalah sebagai berikut:

  1. Kurangnya pengetahuan terhadap produk

Sales person sering kali mendapatkan masalah tersebut, sehingga membuat calon konsumen merasa kecewa dengan informasi yang diberikan. Agar bisa terhindar dari kesalahan fatal dalam presentasi bisnis, sales person harus mempunyai pengetahuan tentang produk yang sedang ditawarkan. Mulai dari manfaat produk, kelebihan, dan juga kekurangan dari produk yang ditawarkan. Dengan begini, sales person bisa terhindar dari kesalahan dalam presentasi bisnis.

  1. Tidak bisa memanfaatkan waktu dengan baik

Hal ini sering kali terjadi, ketika sales person hanya melakukan pembicaraan yang tidak nyambung dengan tema yang sedang dibahas. Dalam hal ini, banyak calon konsumen yang merasa waktunya habis terbuang hanya untuk mendengarkan pembicaraan yang sangat tidak nyambung. Maka dari itu, sales person harus lebih peka lagi dalam melakukan presentasi bisnis.

  1. Kurangnya persiapan

Persiapan dalam presentasi bisnis sangat diperlukan, agar calon konsumen bisa antusias dan mendapatkan informasi yang bermanfaat. Biasanya masalah mengenai kurangnya persiapan ini, terkait dengan alat peraga atau tertinggalnya barang yang sangat penting dalam presentasi bisnis. Dengan persiapan yang matang dan juga baik, maka presentasi bisnis yang dijalankan pun akan semakin menarik dan berjalan sesuai dengan tujuannya. Sales person harus bisa, mengantisipasi setiap kemungkinan yang bisa terjadi pada saat presentasi sedang berjalan.

Hindari Kesalahan Fatal Presentasi Bisnis Ini

Itulah kesalahan fatal presentasi bisnis yang sering terjadi. Setiap calon konsumen mempunyai penilaian masing-masing terhadap informasi yang diberikan, apakah bermanfaat atau tidak. Dengan memberikan informasi yang bermanfaat, maka calon konsumen yang mendengarkan presentasi bisnis tersebut, akan siap menjadi konsumen yang setia menggunakan setiap produk yang ditawarkan. Dalam prakteknya, sales person akan selalu mendapatkan masalah yang tidak terduga. Oleh sebab itu sales person, harus bisa mengantisipasi setiap masalah yang tidak terduga tersebut.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+