3 Alasan Perusahaan Terlibat Dalam Bisnis Internasional

Dalam hal usaha, tentu saja pasar yang tersedia tidak hanya bersifat domestik tapi juga lintas Negara. Nah, jika sudah menyoal pasar lintas negara maka akan terkait dengan bisnis internasional. Apa alasan perusahaan terlibat dalam bisnis internasional? Setidaknya ada 3 alasan utamanya. Apa saja?

#1 Untuk Meningkatkan Penjualan

Alasan utama perusahaan terlibat dalam bisnis internasional adalah untuk meningkatkan penjualan dan menggapai pasar baru sehingga dapat meraih pertumbuhan usaha yang positif. Mempertimbangkan fakta bahwa negara berkembang adalah mayoritas konsumen yang terinspirasi dengan gaya hidup Barat, maka dari itu wajar jika perusahaan multinasional kerap mentarget pasar negara berkembang. Terlebih dengan menurunnya pemasaran di wilayah tertentu, perusahaan berharap untuk dapat menutup penurunan itu dengan memperluas jangkauan ke pasar baru. Daya tarik balik modal di pasar berkembang juga kerap menjadi pertimbangan perusahaan yang penting.

#2 Mendapatkan Sumber Daya

Aspek sumber daya merupakan hal penting lainnya sebagai penyebab perusahaan terlibat dalam bisnis internasional. Umumnya, negara berkembang memiliki kekayaan alam yang berlebih namun belum diolah.  Inilah yang diincar perusahaan besar untuk menyelami bisnis internasional. Inilah alasan kenapa banyak perusahaan multinasional beroperasi di Afrika dan Asia Selatan dimana simpanan mineral dan besi menjadi daya tarik yang bisa mendatangkan keuntungan perusahaan. Negara berkembang pun akan menerima perusahaan tersebut dengan tangan terbuka karena akan menerima pemasukan untuk pertumbuhan ekonomi nasionalnya. Sebagai contoh adalah masuknya perusahaan Baja Korea Selatan (POSCO) dan Vedanta ke India yang mentarget sumber daya alam sebagai alasan utamanya.

# 3 Meminimalisir Resiko

Tidak jarang entitas bisnis melakukan ekspansi untuk mengurangi resiko pertumbuhan stagnan di dalam negeri ataupun di negara lain mereka beroperasi. Untuk contoh, saat negara Barat melihat tingkat pertumbuhan dibawah 3% perusahaan multinasional Barat akan berlomba mentarget pasar berkembang dengan pertumbuhan di atas 5%. Karena badan usaha lahir untuk mendapatkan keuntungan agar berkembang, menjadi alamiah jika badan usaha melakukan ekspansi ke luar negeri ke negara dengan tingkat pertumbuhan yang lebih baik. Lebih lanjut lagi, dengan menjalankan usaha seperti itu badan usaha akan mampu mengendalikan resiko politik, sosial, dan ekonomi dengan lebih baik. Karakteristik ini akan berbeda di setiap negara, itu sebabnya masuk akal untuk menyebar resiko ketimbang menempatkan semuanya dalam satu wadah yang sama.

Sudah Paham Alasan Perusahaan Terlibat Dalam Bisnis Internasional?

Itulah 3 alasan perusahaan terlibat dalam bisnis internasional. Kini tidak hanya perusahaan Barat yang melakukan ekspansi. Perusahaan China sudah jelas sekali menerapkan hal ini dengan ekspansi ke pasar Afrika dan Asia. Dalam mekanisme yang sama, perusahaan Jepang menaklukan pasar Barat dengan pendekatan kualitas, biaya rendah dan layanan konsumen. Perusahaan China akan mentarget pasar berkembang maupun pasar negara maju dengan semangat yang membuat China sebagai pabrik dunia.

Leave a Reply

CommentLuv badge

XL PAKET DATA KAMU MAU HABIS TUHH! 19GB CUMA RP73RB (DISKON 18%) CEPETAN ISIBELI SEKARANG
+