23 Ide Usaha Yang Cocok untuk Daerah Kota Kecil

Ide usaha yang cocok untuk daerah kota kecil atau desa ini akan membuka pikiran Anda yang berniat untuk berbisnis. Lokasi bukanlah hambatan untuk berusaha saat ini terlebih saat perkembangan teknologi sudah merata ke pelosok nusantara.

Memulai usaha di kota kecil atau desa memiliki keuntungan tersendiri. Pertama modal kecil. Kedua lebih mudah mengelola bisnis di kota kecil dimana seluruh warga saling kenal.

Merupakan sebuah fakta bahwa ekonomi kota kecil tidak sebesar kota besar (belum). Beberapa pengusaha yang bertahan tetap mendulang untung dengan menjalankan bisnis di kota kecil. Batasan lain seperti infrastruktur menjadi batasan sebuah kota kecil. Tugas utama Anda adalah untuk fokus pada fasilitas yang sudah ada dan memaksimalkannya.

Sesungguhnya ada beberapa jenis usaha yang cocok untuk daerah kota kecil. Memahami bagaimana cara memulai usaha akan percuma jika Anda tidak memiliki ide usaha yang baik. Apapun pilihan Anda, pastikan Anda mempertimbangkannya dengan matang dan seksama.

Ini dia 23 Ide Usaha Yang Cocok untuk Derah Kota Kecil

#1 Memproduksi Produk Organik

Memproduksi dan menjual buah atau sayuran yang bebas bahan kimia akan menguntungkan jika dikelola dengan benar. Hal ini karena semakin banyak orang ingin hidup sehat sekarang ini. Lebih jauh lagi banyak menyadari bahwa ada resiko kesehatan jika mengkonsumsi makanan yang tidak bebas pestisida dan pupuk kimia.

Anda bisa memulai bisnis peternakan yang mengadopsi metode organik untuk mengolah sayuran, buah dan produk pangan lokal lainnya. Usaha Anda akan semakin besar karena orang dari jauh rela datang untuk membeli produk sehat Anda.

#2 Konstruksi

Jika Anda punya pemahaman baik akan pembangunan properti, konstruksi bisa menjadi peluang usaha di kota kecil untuk didalami. Petani dan pemilik rumah di kota kecil mungkin tidak memiliki keahlian untuk membangun kandang, atau bangunan lain yang dibutuhkan untuk menunjang tempat tinggal. Memulai usaha konstruksi kecil-kecilan bisa menjadi ide usaha yang menjanjikan.

#3 Jasa Bersih-Bersih

Sebuah perkebunan atau peternakan yang besar mungkin akan membutuhkan tenaga tambahan untuk menjaga kebersihan atau perawatan. Anda bisa mengelola sebuah jasa untuk mengisi kebutuhan ini. Sebagai bentuk usaha jasa, sebaiknya Anda mengikat klien dengan kontrak dengan tawaran potongan harga. Kesepakatan kontrak akan mengamankan usaha jangka panjang sekaligus memudahkan proyeksi keuntungan.

#4 Salon Keluarga

Membuka sebuah salon keluarga tentu akan menjadi sebuah ide usaha yang cocok untuk daerah kota kecil. Hal ini dikarenakan mungkin penduduk kota tidak memiliki akses untuk layanan salon berkualitas semacam itu.

#5 Berjualan Telur Segar

Telur yang berasal dari ayam sehat sangat diminati karena efeknya yang menyehatkan. Memulai bisnis peternakan bahkan tidak memerlukan lahan luas. Hal penting adalah untuk memastikan aturan terkait usaha unggas untuk memastikan kelancaran usaha Anda.

#6 Susu Murni

Salah satu konsumsi yang menyehatkan adalah susu. Dengan perawatan yang benar, susu murni berkualitas dapat diproduksi. Jika Anda berkeahlian dalam kembang biak, perawatan hewan dan memerah susu sapi, Anda punya bakat memulai usaha susu murni ini. Sekalipun Anda tidak punya keahlian, alternatif untuk mempekerjakan orang berpengalaman juga bisa dipilih.

#7 Berkebun Cabai

Harga cabai yang mahal merupakan peluang usaha untuk memproduksinya di sebuah kota kecil. Dengan konsep usaha kecil, berkebun cabai bisa dilakukan dengan rumah kaca mini mengakomodir pot dan kantung plastik untuk kembang biak cabai. Dengan tambahan sinar matahari proporsional dan pupuk Anda dapat mendapatkan penghasilan menjual cabai berkualitas ke konsumen langsung ataupun ke pasar modern.

#8 Berkebun Teh

Berkebun teh cukup sederhana dan menguntungkan untuk Anda yang punya hasrat akan teh. Anda tidak membutuhkan lahan berhektar-hektar untuk menanam bibit teh, bahkan Anda bisa menggunakan balkon atau pot. Untuk opsi ini tanah sebaiknya kering dan berpasir.

#9 Berkebun Kopi

Jika Anda berhasrat akan kopi, maka Anda sudah setengah jalan untuk memulai usaha ini. Perlengkapan pentingnya adalah kantung polythene, wilayah cocok, bibit kopi dan ijin usaha.

#10 Berkebun Bonsai

Ada niche khusus untuk berjualan bonsai. Sebelum memulai bisnis ini, Anda harus bersabar, memiliki keahlian berkebun bonsai dan tangan yang ramah tanaman.

#11 Kebun Sayuran

Bisnis agrikultur bisa sangat menjanjikan. Anda bisa mulai menghasilkan sayuran yang Anda pikir terbaik untuk dibudidayakan. Akan selalu baik dengan memulai dua jenis karena ini akan menggandakan peluang mendatangkan keuntungan. Agar semakin mudah, berkonsultasilah dengan ahli sebelum memulai.

#12 Lokasi Camping

Anda bisa membuka lokasi camping yang dilengkapi tenda dan perlengkapan lainnya. Iklankan usaha Anda di koran lokal dan Anda akan melihat orang berdatangan. Anak-anak dan pelajar selalu mencari lokasi camping  yang jauh dari kota dan lokasi Anda bisa jadi pilihan ideal. Anda juga bisa membuka toko perlengkapan camping di lokasi itu. Banyak penyuka camping di kota Anda akan berterima kasih untuk itu.

#13 Studio Menulis

Jika Anda memiliki kreativitas dan Anda sangat ahli dalam menulis cerita menarik, maka Anda bisa menulis tentang hidup di kota kecil karena keunikan yang tidak didapat di kota besar.

Anda tidak harus menjadi penulis professional. Yang dibutuhkan adalah inovasi dan kemampuan untuk memotivasi, mengajar dan menghibur orang melalui tulisan Anda.

Dengan kemajuan teknologi bahkan Anda bisa membuat ebook sendiri dan memasarkan tulisan karya Anda melalui blog kepada para peminat di seluruh Indonesia.

#14 Usaha Agen Perjalanan

Anda bisa mengelola wisatawan atau mereka yang butuh bepergian dengan mengelola informasi lokal, pilihan transportasi, panduan pada acara khusus dan sebagainya berkaitan dengan kota itu.

Sama seperti studio menulis, Anda bisa membuat website untuk menawarkan paket wisata kepada konsumen di seluruh Indonesia. Melalui website Anda bisa menampilkan foto kegiatan dan destinasi wisata. Dengan cara ini, minat konsumen akan semakin tinggi karena punya gambaran akan aktivitas wisata yang dapat mereka lakukan di kota Anda.

#15 Agen Pulsa

Pertumbuhan teknologi informasi membuat semakin banyak orang memiliki akses ke telepon seluler. Alhasil permintaan akan pulsa akan tinggi. Inilah peluang yang bisa dimanfaatkan untu ide usaha.

Untuk memperluas cakupan usaha, Anda bisa menggunakan aplikasi yang ada, misalnya aplikasi cashback yang tidak hanya menyediakan pulsa, tapi juga data internet, sampai pembayaran cicilan kredit tiket kereta dan tiket pesawat. Bahkan Anda akan mendapat cashback dari setiap transaksi yang dihasilkan. Keuntungan Anda akan berlipat sekalipun harga bersaing.

#16 Menjual Produk Impor

Anda perlu melakukan riset dulu terkait daya beli masyarakat di kota itu. Menyediakan produk impor bisa menjadi daya tarik sendiri karena umumnya barang impor hanya bisa didapatkan di kota-kota besar. Jika Anda menyediakan produk impor di kota kecil tentu itu akan menjadi menarik konsumen di lingkungan Anda.

#17 Jual Barang Rekondisi

Ide usaha yang cocok untuk daerah kota kecil lainnya adalah berjualan barang rekondisi. Semua orang ingin mencoba barang baru namun karena harganya tinggi, hal ini jadi kendala. Nah, keahlian Anda dalam reparasi bisa menjadi solusinya. Anda bisa menyediakan barang rekondisi untuk konsumen di kota Anda.

Ide usaha ini akan membuka pemasukan dua arah. Pertama Anda bisa menyediakan reparasi barang rusak, kedua Anda bisa menjual barang yang sudah Anda perbaiki.

#18 Usaha Kerajinan Lokal

Jika Anda berjiwa seni, Anda dapat mengubah barang khas di kota itu menjadi kerajinan lokal yang menarik dan berdaya jual. Tidak hanya berusaha, Anda juga bisa menyediakan lapangan pekerjaan untuk orang sekitar.

#19 Berbagi Keahlian

Jika Anda sangat mahir akan suatu hal, maka Anda bisa membangun usaha dari keahlian itu. Anda bisa menjadi pelatih olah raga, guru part time, motivator, guru  music, dan seterusnya. Jika Anda tahu benar akan ilmu yang Anda kuasai, Anda bisa saja sukses mentransfer keahlian ke orang lain, akhirnya Anda akan mendatangkan banyak keuntungan.

#20 Usaha Makanan

Setiap kota tentu suka toko kue. Anda bisa memulai usaha toko kue jika memiliki keahlian di bidang ini. Sekalipun Anda tidak mahir, Anda bisa saja mempekerjakan orang lain dengan sebuah proposal bisnis kafe sederhana yang Anda siapkan.

#21 Toko Bunga

Setiap orang membeli bunga untuk momen khusus, sampai peristiwa bahagia mulai dari ulang tahun, pernikahan sampai peristiwa menyedihkan seperti pemakaman. Jika Anda bisa menyediakan bunga untuk semua jenis peristiwa Anda akan mendapatkan banyak keuntungan.

#22 Jasa Laundry

Semua orang tentu suka jika pakaian mereka bersih. Maka dari itu, ide usaha yang cocok untuk daerah kota kecil seperti jasa laundry akan menarik. Usaha ini terbukti tahan krisis karena orang perlu kebersihan pakaian setiap saat. Selain itu usaha ini sangat menguntungkan juga. Perlengkapan dasarnya adalah mesin cuci, setrika dan mesin pengering.

#23 Pusat Kebugaran

Seberapa kecilnya kota yang Anda singgahi, selalu ada orang yang menyadari keuntungan berolahraga. Mereka yang menyadari hal ini akan membutuhkan pusat kebugaran. Strategi yang tepat adalah dengan mendirikan pusat kebugaran yang cocok dengan minat setempat. Misalkan jika kota Anda banyak penyuka Yoga maka pastikan pusat kebugaran Anda memiliki studio Yoga.

Pilih Ide Usaha Yang Cocok untuk Daerah Kota Kecil Favorit Anda

Kesimpulannya, jika Anda ingin tahu apakah di kota itu memiliki peluang usaha yang menguntungkan, Anda bisa merintisnya di sebuah kota kecil dan buat dengan skala besar dan menarik. Tinggal di kota kecil bukan alasan Anda tidak dapat sukses dengan merintis usaha. Semua yang Anda butuhkan adalah tekad kuat dan sebuah strategi bisnis yang baik.

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+