21 Antivirus Terbaik Sudah Teruji

Antivirus terbaik ini merupakan ulasan penting untuk Anda yang baru terpikir menggunakan antivirus. Saat terpikir untuk merintis bisnis online, bisa jadi Anda terpikir untuk memiliki lebih dari satu komputer atau laptop. Hal itu menjadi lumrah karena setiap laptop atau PC akan memiliki fungsinya masing-masing. Aktivitas di internet pun sudah tentu semakin sering Anda lakukan. Jika sudah demikian, wajar jika Anda terpikir untuk memiliki sebuah antivirus terbaik yang sudah teruji kemampuannya.

Antivirus komersial cukup banyak tersedia saat ini. Untuk laboratorium yang cukup rutin menguji kesemua antivirus dan mempublikasikan laporannya juga cukup banyak. Beberapa laboratorium penguji itu seperti Virus Bulletin, West Coast Labs, Dennis Technology Labs, ICSA Labs, AV-Comparatives, dan AV-Test Institute. Uji coba ditekankan pada dua aspek utama yaitu pengenalan akan ancaman dan simulasi atas skenario serangan malware dunia nyata.

Cukup menarik ya? Untuk Anda yang bingung memilih antivirus apa untuk menjamin keamanan beraktivitas online, berikut ini 21 antivirus terbaik yang sudah teruji oleh lab-lab penguji antivirus tadi:

#1 AntiVirus ValtX Security

Positif

Membalikan semua serangan malware ke boot drive. Sudah mencakup enkripsi Security Disk untuk data-data yang bersifat sensitif. Mudah penggunaannya.

Negatif

Antivirus ini akan mencegah update Windows dan aplikasi lainnya. Jika jarang reboot secara paksa sebelum mematikan fitur perlindungan dapat memasukan malware kedalam inti data. Tidak melindungi data drive yang terpisah. Pencurian data dari luar tidak dapat dipulihkan.

Kesimpulan Antivirus ValtX

Antivirus ini akan mengamankan komputer Anda dari gangguan setiap kali di reboot. Dengan demikian, malware yang sudah berjangkit di komputer akan berkembang biak sampai komputer di reboot, dan aktivitas eksternal seperti transaksi bank palsu sampai pengiriman data pribadi tidak dapat dipulihkan.

Harga online: $49 / Tahun

#2 Antivirus Tiranium Premium Security

Positif

Antivirus ini memiliki kemampuan deteksi 100% saat ujicoba menutup akses malware. Selain itu juga mampu mendeteksi download mencurigakan.

Negatif

Belum ada publikasi dari laboratorium uji coba yang independen. Firewall tidak berdampak apapun saat ujicoba oleh tim uji PC Magazine. Tidak ada block terhadap URL mencurigakan atau phising. Fitur peringatan mudah sekali muncul tanpa sengaja dan sulit dimatikan. Situs, dokumen dan tampilan pengguna penuh dengan kesalahan ketik.

Kesimpulan

Tiranium Premium Security belum banyak diuji oleh lab penguji. Ekstra firewall tidak terlalu signifikan dan kualitas beragam fitur lain cenderung berbeda-beda.

Harga Online : $25,94 / Tahun

#3 Antivirus Malwarebytes 3.0 Premium

Positif

Mencakup perlindungan eksploitasi dan ransomware (malware dengan tebusan) yang dulunya produk terpisah. Banyak perlindungan berlapis dengan deteksi berbasis perilaku. Dapat diinstal bersama dengan antivirus umum lainnya.

Negatif

Sistem perlindungannya sulit untuk diujicobakan. Memiliki nilai rendah saat diujicobakan dengan standar antivirus umum

Kesimpulan

Malwarebytes 3.0 Premium dilengkapi dengan mekanisme perlindungan canggih yang berlapis. Pembuat antivirus ini menamakan produknya sebagai “pengganti antivirus”. Meskipun demikian, banyak ahli komputer menyarankan untuk mengkombinasikan antivirus malwarebytes dengan antivirus standar lainnya.

Harga Online: $39,99 / Tahun

#4 Antivirus Kromtech PCKeeper

Positif

Tampilan atraktif dan mudah digunakan untuk Anda yang merasa gaptek. Memiliki nilai baik pada uji coba antivirus standar khususnya untuk blokir malware. Layanan bantuan chat sudah termasuk.

Negatif

Nilai rendah atas uji coba penting oleh penguji independen. Saat uji coba, informasi yang disajikan oleh layanan chat kurang akurat, tidak ada blokir atas malware hosting URL atau phising URL.

Kesimpulan

Antivirus Kromtech PCKeeper menarik dan mudah digunakan lengkap dengan layanan chat. Meskipun demikian layanan chat memberikan informasi kurang akurat saat waktu uji coba.

Harga Online Pro: $39,95

#5 Antivirus IObit Advanced Systemcare Ultimate

Positif

Sistem yang luas dengan kemampuan yang tinggi. Memiliki ijin penggunaan mesin antivirus Bitfender. Sangat ringan, cepat dan instalasi mudah.

Negatif

Tidak ada rating atas antivirus terbaik ini yang dirilis oleh laboratorium uji independen. Nilai rata-rata untuk uji antivirus standar adalah “sedang sampai kurang” atas penilaian blokir malware, URL mencurigakan, dan uji anti phising. Ada iklan yang sangat menggangu termasuk beragam penawaran.

Kesimpulan

Antivirus IObit Advanced SystemCare Ultimate bergantung pada mesin bitdefender sebagai basis perlindungan antivirusnya namun hasil tesnya tidak sebaik Bitdefender. Optimalisasi fitur tidak terlalu berpengaruh pada kurangnya performa atas fungsi antivirus standar.

Harga Online: $29,99

#6 Antivirus Anti-Executable

Positif

Mencegah aktifnya semua malware baru. Otomatis membersihkan sebuah program baru termasuk file digital. Admin antivirus dapat memberikan akses kepada pengguna lain yang dipercaya. Dapat beroperasi tanpa terdeteksi. Dapat menyesuaikan notifikasi dengan logo dan pesan. Tidak ada masalah dengan update windows.

Negatif

Mencegah aktifnya semua program (termasuk program yang valid). Mungkin sekali terjadi untuk menghapus keistimewaan admin secara tidak sengaja.

Kesimpulan

Antivirus Anti-Executable memblokir semua program yang tidak masuk daftar amannya. Secara pasti antivirus ini akan mematikan tumbuhnya malware baru selama Anda tidak mengganti settingannya. Bagaimanapun, seorang pemula mungkin akan kesulitan mengatur perlindungan yang diberikan antivirus ini.

Harga Online: –

#7 Anti Virus MicroWorld eScan

Positif

Nilai baik atas uji coba independen. Sudah termasuk firewall dan antispam.

Negatif

Uji coba antispam membuktikan ketidakakuratan. Notifikasi sulit dibaca. Tidak ada perlindungan phising.

Kesimpulan

Antivirus MicroWorld’s eScan dilengkapi Cloud Security memiliki performa baik saat ujicoba. Antivirus terbaik ini memberikan firewall dan antispam sebagai bonus. Kekurangan utama hanyalah spam filter yang kurang akurat.

Harga online: $61,95

#8 Antivirus G Data

Positif

Antivirus ini punya performa baik saat ujicoba blokir malware dengan kemampuan deteksi URL mencurigakan diatas rata-rata.

Negatif

Hanya ada beberapa laboratorium uji yang melakukan tes pada antivirus ini. Scan menyeluruh memakan waktu lama dibandingkan antivirus lain pada umumnya.

Kesimpulan

Antivirus terbaik G Data memiliki nilai baik dalam ujicoba.

Harga Online: $29,95

#9 Antivirus Eset Nod 32

Positif

Memiliki nilai baik saat ujicoba laboratorium independen. Memiliki banyak bonus keamanan untuk penggunanya

Negatif

Memiliki nilai standar saat ujicoba pada beberapa lab uji lainnya.

Kesimpulan

Antivirus ESET NOD32 merupakan langkah maju dari versi sebelumnya. Performa baik dipegang khususnya untuk blokir URL mencurigakan dan antiphising.

Harga Online: $39,99

#10 Antivirus AVG

Positif

Memiliki nilai baik pada ujicoba lab khusus antivirus. Memiliki enkripsi penyelamatan data untuk file sensitif. Mampu blokir ancaman online dilengkapi PC tuneup, penghancur file dan anti lacak.

Negatif

Komponen PC Tuneup berhenti setelah trial 1 hari. Fitur ini tidak tersedia gratis dan harga komponen itu dinilai mahal.

Kesimpulan

Terlepas dari semua tawaran antivirus gratis AVG, versi terbaru AVG menawarkan perlindungan online dan eksripsi data. Banyak yang menggunakan versi gratisan dan versi premiumnya cukup ideal untuk mereka yang banyak beraktivitas online.

Harga Online: $39,99

#11 Antivirus Avast Pro

Positif

Terkenal baik untuk performa blokir malware dan anti phising. Memiliki nilai diatas rata-rata pada ujicoba lab antivirus. Fitur pendukung tersedia seperti scan jaringan keamanan, pengelolaan kata kunci browser, perlindungan atas pembajakan DNS, sandbox untuk program mencurigakan.

Negatif

Scan malware sangat lambat, beberapa fitur harus dibeli terpisah. Pengelolaan password sangat minim. Fitur canggih lainnya mungkin akan menyulitkan Anda yang gaptek.

Kesimpulan

Antivirus Avast Pro memiliki fitur sama dengan avast gratisan. Para ahli komputer menyukai fitur canggih yang disediakan namun untuk pemula mungkin tidak demikian.

Harga Online: $39,99

#12 Antivirus AppGuard

Positif

Cepat, instalasi mudah. Memblokir serangan malware zero days. Mencegah akses kepada memori program lainnya. Memblokir perubahan pada wilayah sistem yang sensitif. Mampu mendeteksi program update yang valid.

Negatif

Perlindungan dapat menyebabkan beberapa program tidak berfungsi. Kesalahan pengguna pada setingan yang berlebihan dapat menyebabkan masalah serius. Banyak perintah diperlukan untuk tingkat ancaman rendah.

Kesimpulan

Tim Appguard membuat antivirus mampu memblokir malware zero day. Program tidak dikenal dalam sebuah folder kerap digunakan malware akan terdeteksi oleh antivirus ini dan program yang berjalan tidak dapat membuat perubahan pada wilayah sensitif itu.

Harga Online: $24,95 / tahun

#13 Antivirus VoodooSoft VoodooShield

Positif

Mencegah program yang tidak terdaftar aman untuk beroperasi saat komputer Anda masuk kategori beresiko. Teknologi mesin terbaru yang menandai malware. Memenuhi pilihan blokir data terhadap scan 57 jenis antivirus. Memiliki edisi gratisan.

Negatif

Mungkin meloloskan malware saat instalasi. Menandai beberapa program valid sebagai mencurigakan atau berbahaya.

Kesimpulan

Antivirus VoodooShield menggunakan pendekatan whitelist dalam memberikan perlindungan. Teknologi baru membawa kemampuan lebih untuk fungsi antivirus mendeteksi malware.

Harga Online: $19,99 / tahun

#14 Antivirus Tend Micro + Security

Positif

Laboratorium independen memberikan peringkat baik ke sangat baik. Nilai sangat baik diberikan untuk uji coba blokir malware dan antiphising. Penyaring spam tambahan sangat akurat. Memberikan tanda pada link-link di hasil pencarian dan media sosial.

Negatif

Deteksi statis gagal dengan modifikasi malware secara manual.

Kesimpulan

Antivirus Trend Micro + Security memiliki performa baik melawan spam dan malware.

Harga Online: $39,95

#15 Antivirus Panda Pro

Positif

Antivirus dengan nilai memukau saat ujicoba. Memiliki perlindungan firewall dan mampu memblokir semua aplikasi yang mencurigakan. Perlindungan wifi juga termasuk sampai keamanan aplikasi android.

Negatif

Kurang efektif menghalau situs phising. Kendali firewall sangat terbatas.

Kesimpulan

Antivirus Panda Pro menambah performa antivirus yang tersedia juga secara gratis dengan beberapa fitur bermanfaat meskipun versi premium tetap lebih baik dalam memberikan perlindungan.

Harga Online: $27,99

#16 Antivirus McAfee Plus

Positif

Melindungi semua software penting mulai dari windows, Mac OS, iOS, Android. Memiliki nilai uji lab yang baik, dan blokir URL mencurigakan dan antiphising dengan sempurna. Memiliki fitur pembersihan sistem dan scan kerentanan gadget Anda.

Negatif

Dukungan minim untuk Mac, bahkan lebih sedikit lagi untuk iOS. Beberapa fitur iOS tidak berfungsi saat uji coba. Firewall tidak sepenuhnya terlindungi.

Kesimpulan

Antivirus McAfee Plus dapat diandalkan mencakup banyak bonus. Keuntungan utama antivirus ini adalah satu biaya berlangganan bisa digunakan untuk banyak software mulai dari windows, mac, ios, android yang Anda miliki.

Harga Online: $59,99

#17 Antivirus F-Secure

Positif

Nilai baik pada ujicoba lab. Performa baik untuk perlindungan dari malware dan tidak menandai program valid saat ujicoba. Scan sangat cepat dan cocok untuk Mac OS dan Windows.

Negatif

Tidak memblokir URL mencurigakan ataupun phising.

Kesimpulan

Antivirus F-Secure akan bersaing dalam industri perlindungan malware karena performanya baik dan dapat diinstal di dua software utama yaitu Mac OS dan Windows.

Harga Online: $30

#18 Antivirus Emsisoft Anti Malware

Positif

Program konsumen setia memberikan diskon untuk pembaruan berlangganan. Memiliki nilai baik saat tes blokir malware. Jadwal scan rutin yang fleksibel.

Negatif

Deteksi perilaku menandai program baik maupun jahat menyisakan keputusan akhir pada pengguna.

Kesimpulan

Antivirus Emsisoft memiliki nilai baik saat uji coba. Fokus konsumen yang baik dari perusahaan membuat antivirus ini pilihan terbaik untuk Anda yang membutuhkan perlindungan online.

Harga Online: $19,98 / Tahun

#19 Antivirus Webroot Secure Anywhere

Positif

Sangat ringan, install cepat dan scan sangat cepat. Memiliki nilai sempurna saat ujicoba blokir malware dan blokir URL mencurigakan termasuk perlindungan phising.

Negatif

Membutuhkan koneksi internet untuk perlindungan menyeluruh

Kesimpulan

Antivirus Webroot SecureAnywhere pernah mendapat peringkat tertinggi tahun 2015 dan memiliki nilai tinggi saat uji coba blokir malware.

Harga Online: $29,99 / Tahun

#20 Antivirus Kaspersky

Positif

Nilai mengesankan dari ujicoba independen khususnya antiphising. Scan menyeluruh cepat ditambah alat tambahan.

Negatif

Nilai standar untuk ujicoba blokir malware dan URL mencurigakan.

Kesimpulan

Lab uji independen secara konsisten memberi nilai tinggi untuk antivirus kaspersky.

Harga Online: $39,95 / Tahun

#21 Antivirus Bitdefender Plus

Positif

Nilai sempurna untuk ujicoba lab independen. Memiliki fitur otomatis untuk perlindungan mudah. Memiliki nilai antiphising terbaik dan perlindungan terbaru untuk ransomware. Memiliki kendali password, keamanan browser dan scan kerentanan.

Negatif

Fitur kendali password kurang akurat saat ujicoba.

Kesimpulan

Nilai sempurna saat ujicoba dengan fitur tambahan bermanfaat

Harga Online: $29,99 / Tahun

Pilih Antivirus Terbaik Anda

Itulah rekomendasi antivirus terbaik dari notordinaryblogger. Masih bingung memilih antivirus mana yang paling sesuai? Mungkin penulis bisa sedikit berbagi.

Kebutuhan akan antivirus muncul karena pernah terkena serangan ransomware. Maksudnya adalah file-file yang ada di laptop penulis terkena kode enkripsi dan untuk membuka file itu membutuhkan password yang hanya bisa didapatkan setelah membayar sejumlah uang kepada sumber tertentu (ransom = tebusan).

Dari pengalaman itu tentu penulis merasakan sendiri betapa pentingnya perlindungan online.

Pertimbangan selanjutnya adalah harga, tentu saja. Dari harga yang ditawarkan (per tahun) mana yang memberi keuntungan maksimal.

 

Keuntungan maksimal bisa berbeda-beda menurut kebutuhan pengguna. Kebutuhan penulis adalah terlindung dari link-link mencurigakan, situs download tidak dikenal, dan serangan malware untuk tiga laptop dan beberapa gadget.

Pilihan akhirnya jatuh pada antivirus AVG. Selain memang sudah pernah memakai, harga yang ditawarkan cukup masuk akal yaitu Rp 449.000 untuk berapapun laptop, pc atau gadget penulis.

Dari harga yang diberikan senilai Rp 449.000 itu sepertinya cukup wajar untuk memberikan perlindungan untuk sebuah bisnis online yang dirintis melalui blog. Itu sebabnya untuk penulis, avg merupakan antivirus terbaik. Punya pendapat lain?

Leave a Reply

CommentLuv badge

XL PAKET DATA KAMU MAU HABIS TUHH! 19GB CUMA RP73RB (DISKON 18%) CEPETAN ISIBELI SEKARANG