2 Tips Menulis Seperti Ahli untuk Pemula

Blogging merupakan sebuah hal yang mudah sekaligus menantang. Mudah karena siapapun bisa memulainya, menantang karena butuh kesabaran untuk sukses. Kesabaran diperlukan khususnya bila Anda baru terpikir untuk serius ngeblog. Sebagai pemula akan terasa sulit mencuri perhatian penduduk internet untuk datang dan membaca tulisan Anda.

Itulah sebabnya Anda perlu memahami tips menulis seperti ahli untuk pemula yang akan disampaikan disini.

Apa saja tips-nya?

Ikuti Pola Penulisan yang Sedang Tren

Bagaimana Anda bisa menangkap tren itu? Kunjungilah berbagai blog lalu tentukanlah mana yang menarik perhatian Anda, kemudian lihatlah diantara blog itu, mana yang memiliki peringkat alexa yang baik.

Peringkat alexa merupakan indikator paling mudah menentukan blog itu populer atau tidak. Jika populer tentu jumlah pengunjung hariannya pun lumayan. Keberhasilan Anda menurunkan peringkat alexa bisa membawa banyak manfaat. Itu karena angka alexa turun identik dengan bertambahnya popularitas website.

Jumlah harian pengunjung blog lain merupakan pertanda bahwa gaya penulisan blog itu diterima banyak pembaca. Pelajarilah bagaimana gaya penulisan blog itu, coba terapkan di blog Anda dan amati perkembangan pengunjung blog Anda.

Beri Data Dukung

Kelemahan blogger saat ini adalah mudah terbawa arus. Dalam menulis blog, tulislah jika Anda menguasai topik bahasan itu. Atau jika Anda tidak menguasainya namun tetap bersemangat menulis, berikan data dukung yang tepat.

Contoh nyata adalah sebuah artikel yang memberi tips menambah komentar di blog atau menambah jumlah share di postingan blog. Kenyataannya blog itu sepi dari komentar ataupun share. Blog seperti ini terlihat tidak kredibel karena pembaca sulit percaya akan tips yang diberikan.

Bagaimana mengatasinya?
Berikan data dukung yang memadai. Jika Anda baru dalam dunia blog dan hendak memberi tips
menambah komentar, lampirkanlah screen-shot atau link  beberapa blog (lebih dari satu) yang memiliki banyak komentar, dan sampaikan analisa Anda.

Hasil analisa Anda menjadi lebih berkualitas karena Anda tidak hanya menyampaikan tapi juga didukung bukti yang sulit disangkal. Dengan demikian pembaca akan memandang Anda sebagai blogger ahli karena tulisan Anda dapat dipertanggung jawabkan dengan logis.

Terapkan Tips Menulis Seperti Ahli ini

Dengan cara ini, Anda terhindar dari kesan amatir dan terlihat seperti ahli atas apa yang Anda sampaikan dalam tulisan.

Di sisi lain, gaya tulisan yang Anda gunakan akan dengan mudah diterima komunitas pembaca yang sudah ada.

Jika sudah diterapkan, optimislah bahwa blog Anda akan populer dalam waktu tidak terlalu lama. Jangan terkecoh bahwa pembaca hanya mau berkomentar atau memberi share kepada blog dengan rank tinggi saja. Ingatlah bahwa semua blog bermula dari bukan apa-apa menjadi sesuatu. Itu semua berawal dari kualitas konten yang diberikan.

Tips Penting lainnya:

Selamat mencoba tips mudah menulis seperti ahli dan raih kesuksesan online segera!

3 Comments

  1. rai Agustus 17, 2016
  2. Alvie Agustus 24, 2016
  3. sofyanto September 1, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge