16 Kesalahan Karyawan Minta Promosi Pekerjaan

Menanyakan soal promosi bisa menjadi salah satu pengalaman paling membuat stress dalam karir Anda khususnya dalam situasi ekonomi yang tidak menentu. Kenapa bisa demikian? Hal itu karena Anda harus menempatkan diri pada suatu kondisi yang beresiko. Jika Anda dapat berperilaku strategis akan target minta promosi pekerjaan, Anda dapat merubah kondisi frustasi menjadi hal yang bermanfaat.

Bukan rahasia lagi jika di semua organisasi, mendapatkan promosi pekerjaan bukanlah tugas yang mudah. Hal itu karena karyawan di era modern ini memiliki beban kerja yang tinggi dengan tingkat persaingan yang tidak kalah tingginya. Belum lagi perubahan kondisi sosial dan politik organisasi itu yang membuat perjalanan Anda minta promosi pekerjaan tidak mudah.

Olehkarenanya tidak aneh jika banyak yang melakukan kesalahan karyawan minta promosi dalam perjalanan karirnya.

Suatu promosi, menurut definisinya merupakan bentuk peningkatan atau kemajuan ke wilayah baru. Ini berarti belajar informasi baru dan mencoba berbagai hal baru dimana secara alamiah mendorong terjadinya kesalahan. Kunci utama berhasil mendapatkan promosi bukan sekedar menghindari kesalahan namun menjaga kesalahan yang terjadi sekecil mungkin, dan menyelesaikan kesalahan secara efektif setelah terjadi.

Inilah 16 Kesalahan Karyawan Minta Promosi Pekerjaan

Meminta terlalu banyak secara bersamaan. Banyak karyawan akan meminta promosi pekerjaan, kenaikan gaji, fasilitas dan lainnya secara bersamaan. Hal ini akan membuat pimpinan frustasi. Ketahuilah prioritas Anda dalam pekerjaan dan buat daftar sejelas mungkin.

Meyakini bahwa promosi hanya berdasarkan prestasi. Perlu dipahami bahwa banyak faktor mempengaruhi saat seseorang mendapatkan promosi pekerjaan. Jika Anda fokus pada karir dan ingin naik ke posisi lebih tinggi, penting untuk menganalisa budaya perusahaan untuk menentukan apa yang perlu Anda lakukan selain melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Mengabaikan target jangka panjang. Karyawan yang terlalu berambisius mendapatkan promosi akan mengabaikan karir secara keseluruhan. Berpikirlah jangka panjang . Tanyakan diri Anda : Apakah ini (promosi pekerjaan) akan mendukung apa yang saya inginkan dalam 10 tahun kedepan?

Mencoba terlalu keras. Jika Anda hanya mencoba untuk menjilat pimpinan sepanjang karir (ketahuilah bahwa banyak pimpinan tidak menyukai perilaku ini) hal itu akan member dampak negatif pada diri Anda sendiri. Jika Anda fokus pada mengerjakan pekerjaan sebaik mungkin dan sejalan dengan budaya organisasi, Anda akan melaju lebih mudah ketimbang berusaha menjilat pimpinan setiap hari.

Berpikir bahwa promosi pekerjaan akan memperbaiki semuanya. Sebuah promosi pekerjaan atau kenaikan gaji tidak berarti kebahagiaan instan.

Membuat target berlebihan. Setiap organisasi memiliki hierarki dan setiap karyawan harus paham posisi masing-masing di organisasi. Mencoba membuat pimpinan berkesan dengan mengambil tanggungjawabnya ketimbang melakukan kewajiban Anda dapat diartikan ancaman pada hierarki organisasi. Fokus Anda seharusnya pada kewajiban dan tugas Anda dengan lebih baik ketimbang lainnya. Hal mudah seperti menanyakan pimpinan adakah hal lain yang bisa dikerjakan akan membuat banyak perbedaan besar pada upaya Anda minta promosi pekerjaan.

Tidak membuatnya win-win solution. Pasti ada keuntungan yang harus didapatkan pimpinan. Tanggungjawab baru Anda harus diajukan dengan cara yang memungkinkan pimpinan melihat keuntungan yang akan didapatkannya. Misalkan percepatan proyek pekerjaan yang membutuhkan keahlian Anda yang belum terungkap.

Tempat dan waktu yang salah. Pastikan tempat untuk mendiskusikan promosi pekerjaan itu tepat dengan alokasi waktu yang ideal. Hindari waktu menjelang makan siang atau menjelang waktu berakhirnya jam kerja. Jika pimpinan Anda terlihat sibuk, lebih baik tunda niat Anda minta promosi pekerjaan.

Meminta promosi didasarkan periode kerja. Hal ini kerap dilakukan dan merupakan kesalahan umum karyawan. Dalam dunia kerja modern, lama Anda bekerja bukanlah alasan untuk promosi. Kontribusi Anda perlu memberikan nilai dan Anda harus dianggap sebagai pilihan paling logis untuk peran baru. Anda bisa berkonsultasi dengan bagian HRD di organisasi untuk memastikan Anda fokus pada kegiatan, proyek dan tujuan yang tepat.

Tidak memiliki capaian signifikan yang mendukung permintaan promosi. Berikan pimpinan Anda alasan untuk mempromosikan Anda berdasarkan hasil pekerjaan. Jangan biarkan emosi mempengaruhi proses ini.

Memakai permintaan promosi untuk ngetes pimpinan. Meminta promosi sebagai strategi untuk melihat dimana posisi Anda dalam organisasi bukanlah sesuatu yang sebaiknya dilakukan.  Ada banyak cara lebih baik untuk membaca dimana posisi Anda dalam sebuah organisasi.

Bertindak tidak wajar. Mengeluh atas interview yang dilakukan kepada orang lain untuk mengisi suatu posisi dalam organisasi. Membandingkan nilai diri Anda dengan orang lain dalam organisasi yang sudah meraih posisi yang Anda inginkan merupakan tindakan kontra produktif. Tetaplah positif, fokus dan jangan biarkan pikiran negatif mengambil alih.

Tindakan kurang wajar lainnya seperti mengancam akan diri Anda dan kondisi pasar. Mengancam dengan menyatakan bahwa tanggungjawab Anda pada posisi lebih tinggi sesuai dengan kebutuhan organisasi lainnya. Perilaku itu tidak akan membawa Anda meraih posisi impian. Pilihlah langkah logis dan masuk akal.

Tidak jelas dengan keinginan sendiri. Kondisi ini termasuk salah satu yang menjadi masalah kronis. Seorang karyawan mungkin melakukan pekerjaannya pada tingkat terbaik hanya untuk menemukan bahwa mereka sudah melakukan hal yang salah, yang pada akhirnya hanya akan membawa karyawan itu ke suatu kandang. Saat Anda mencoba minta promosi pekerjaan, mustahil untuk pergi tinggi tanpa tahu persis tujuan. Jadilah jelas dengan apa yang Anda harapkan, kapan diharapkan dan bagaimana harapan itu. Dengan begitu Anda dapat memenuhi harapan pimpinan.

Tidak memiliki fakta akan tanggungjawab pekerjaan dan kecocokan dengan diri Anda. Hal ini bisa dibilang kesalahan terbesar saat karyawan minta promosi. Pertanyaan “kenapa” bukan untuk Anda tapi untuk organisasi. Milikilah pemikiran akan alasan logis (tingkat pengalaman, tanggung jawab bertambah, capaian, dan kelebihan pribadi lainnya) semuanya sudah siap dengan baik (dalam bentuk tertulis jika perlu).

Kurang keyakinan. Karyawan terkadang menyerah terlalu cepat. Pimpinan perlu melihat presentasi Anda secara penuh. Jika Anda malu terlalu cepat, Anda akan kehilangan kesempatan emas. Anda juga harus mau tindak lanjut (banyak karyawan yang tidak mau). Pimpinan Anda mungkin akan mengambil jalur perlawanan dan tidak melakukan apapun, yang berarti Anda kehilangan alasan. Pastikan sebelum Anda pergi meninggalkan diskusi, Anda menyampaikan langkah selanjutnya dengan ekspektasi yang sama.

Pergi terlalu dini. Kesalahan besar karyawan saat minta promosi pekerjaan adalah mencari pekerjaan baru karena takut meminta promosi di organiasasi lama. Anda bisa saja melompat dari wajan panas ke api membara hanya untuk menghindar dari menanyakan pimpinan dan menganggap cari kerja baru sebagai pilihan aman. Atau bisa saja Anda hanya menghabiskan waktu.

Siap Minta Promosi Pekerjaan?

Jika Anda menjadi korban kesalahan atau salah kalkulasi jangan berkecil hati. Dalam banyak kejadian, jika Anda selalu profesional dalam melakukan pekerjaan, pimpinan akan mengagumi kepercayaan diri Anda tanpa Anda harus mencoba begitu keras meyakinkan pimpinan. Ingatlah Anda hanya perlu fokus pada pekerjaan. Jika Anda tidak menerima jawaban pertanyaan minta promosi untuk waktu tertentu, maka Anda sudah punya jawabannya.

Jika Anda bertanya kepada pimpinan dengan cara yang tidak konfrontatif dan bertanya secara singkat kenapa rekan kerja Anda dipilih untuk promosi sedangkan Anda tidak, Anda harus belajar akan apa saja yang harus difokuskan untuk maju. Dengan begitu Anda akan berada pada pilihan teratas untuk posisi promosi pekerjaan selanjutnya. Kunci utama saat Anda minta promosi pekerjaan adalah untuk selalu netral dan tidak membiarkan emosi mengambil alih performa terbaik Anda.

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+