10 Tips Menjadi Travel Blogger Ternama


Artikel ini merupakan kontribusi Herman Yudiono dari FolderTekno.com. Herman Yudiono adalah full time blogger dan pendiri Folder Tekno, blog yang menyajikan artikel dan perbandingan produk teknologi terbaik saat ini

Pernah dengar nama Marischka Prudence, Trinity, atau pasangan Adam & Susan? Ketiganya merupakan contoh dari sekian banyak travel blogger yang mampu eksis dan disukai oleh puluhan ribu penggemarnya.

Trinity, misalnya, adalah sosok dibalik buku-buku seri traveling “The Naked Traveler” yang kerap menjadi panduan para traveler pemula.

Ingin menjadi travel blogger seperti mereka? Jalan-jalan ke berbagai penjuru dunia dan bisa mendapatkan uang dari kisah perjalanan yang dipublikasikan melalui blog pribadi. Sungguh sebuah pekerjaan yang mengasyikan bukan?

Nah, buat Anda yang tertarik untuk mengikuti jejak Marischka atau Trinity, jangan merasa minder karena Anda terlambat memulai. Karena ada 10 tips yang bisa membantu Anda menjadi seorang travel blogger ternama.

Apa sajakah? Silakan simak di bawah ini.

1. Bangun Blog yang Kaya Informasi

Blog yang Anda buat nanti adalah sebuah kumpulan tulisan informatif soal perjalanan ke banyak daerah atau objek wisata. Tulisan-tulisan tersebut akan dibutuhkan dan penting bagi pembaca blog Anda ketika mereka akan mengunjungi daerah yang sama.

Informasi mendetail mengenai tempat wisata akan sangat dibutuhkan pembaca. Dari mulai harga tiket masuk, akses menuju lokasi, lokasi penginapan yang nyaman, dan hal-hal penunjang lainnya.

Selanjutnya, Anda boleh menambah cerita-cerita seru selama melakukan perjalanan ke tempat tersebut. Selain untuk menghindari kebosanan, taktik ini juga akan membuat blog Anda lebih ramai pengunjung.

Untuk memperkaya tulisan, ada baiknya Anda membaca buku sejarah atau hal-hal yang berkaitan dengan lokasi tujuan traveling. Sehingga tulisan Anda selain kaya informasi juga akan lebih berbobot.

2. Berani Berinvestasi

Untuk menjadi travel blogger profesional pastilah butuh modal. Selain biaya di awal-awal perjalanan, Anda juga harus menyisihkan dana untuk membeli domain dan menyewa hosting. Jangan pernah gunakan domain gratisan karena terkesan kurang profesional.

Kalau kebetulan Anda kurang paham cara mendesain blog yang menarik mata, bisa gunakan jasa web designer. Pastikan Anda punya bayangan ingin punya blog seperti apa sebelum menyewa web designer.

Kombinasi blog yang eye catching dengan tulisan yang kaya informasi merupakan alat untuk menarik banyak pembaca ke blog Anda.

3. Kuasai Fotografi Dasar

Bagi saya pribadi, tulisan yang kaya informasi sama pentingnya dengan foto yang menarik mata. Foto merupakan alat bantu visual yang bisa membuat imajinasi pembaca lebih terbuka.

Karena itu, peran foto sama pentingnya dengan tulisan yang informatif.

Sebagai calon travel blogger, Anda sudah sepatutnya memahami teknik fotografi dasar. Tidak harus sampai level mahir.

Misalnya, Anda harus cara mencari angle yang terbaik, teknik pencahayaan, dan komposisi agar kualitas foto yang dihasilkan bisa membuat pembaca semakin betah membaca semua tulisan di blog.

Menariknya lagi, aktivitas ini akan menjadi hobi baru bagi Anda. Jika sudah demikian, terbuka peluang menghasilkan uang dari hobi fotografi liburan Anda tersebut.

4. Miliki Kamera DSLR

Untuk bisa menghasilkan foto-foto perjalanan yang menarik, tentu dibutuhkan peralatan yang mumpuni. Kamera smartphone saat ini memang punya kualitas piksel yang tinggi.

Tapi, tetap kemampuannya tidak bisa menyamai kualitas kamera DSLR. Terutama dalam menciptakan komposisi dengan depth of field yang kuat.

Kamera DSLR memiliki banyak fitur yang bisa dimaksimalkan untuk menghasilkan foto-foto perjalanan yang cantik dan menarik. Dengan diperkuat pengetahuan mengenai teknik fotografi yang mumpuni, foto perjalanan bukan  lagi sekadar pelengkap di blog Anda.

Syukur-syukur kalau nantinya Anda bisa membuat foto-foto di blog dengan kualitas standar National Geographic yang wow.

Oh ya, jika Anda belum memiliki kamera DSLR dan berniat membelinya, silakan lihat artikel saya tentang kamera DSLR terbaik. Di artikel tersebut Anda akan mengetahui perbandingan 10 kamera DSLR terbaik saat ini, lengkap dengan ulasan dan tips membeli kamera DSLR pertama Anda.

5. Temukan Gaya Orisinal Anda

Jika  Anda melihat blog-blog yang dimiliki para traveler blogger yang sudah eksis, maka akan selalu terlihat perbedaan di antara mereka. Itulah yang juga harus Anda miliki. Jangan meniru blog yang sudah ada, tapi ciptakan gaya orisinal Anda sendiri.

Untuk menjadi travel blogger yang dikenal banyak orang, Anda harus punya satu ciri khas yang kuat. Bisa dari gaya tulisan yang ceria dan fun, foto-foto yang selalu diambil dari angle tertentu, atau desain blog yang sangat berbeda.

Percayalah, pembaca akan mengapresiasi lebih tinggi sebuah blog yang penuh dengan orisinalitas.

6. Buka Jaringan

Ingat, yang berniat atau sudah menjadi travel blogger tidak cuma Anda. Ada ratusan atau bahkan ribuan travel blogger di Indonesia.

Coba buka jaringan sesama travel blogger. Mengenal lebih banyak travel blogger akan membuat Anda bisa lebih memahami tentang bisnis yang ada di dalamnya.

Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan pihak lain, seperti media ataupun biro perjalanan. Hal ini akan bisa mendongkrak popularitas blog Anda di masyarakat.

Bahkan Anda berpeluang untuk melakukan perjalanan secara gratis karena dibiayai oleh pihak lain. Asyik ‘kan?

7. Promosi via Media Sosial

Manfaatkan media sosial sebagai alat untuk mempromosikan blog travel Anda. Melalui media sosial, Anda bisa mendapatkan banyak pembaca baru yang mengunjungi blog.

Ada banyak media sosial yang tersedia di dunia maya. Namun, sebaiknya hanya fokus pada 3 media sosial saja. Lebih dari itu, Anda akan keteteran dan bisa membuat blog Anda terbengkalai.

Media sosial yang direkomendasikan, karena banyak digunakan masyarakat Indonesia, adalah Instragram, Twitter, dan Facebook.

8. Tentukan Target Audience

Untuk menunjang orisinalitas dan keunikan dari blog Anda, sejak awal sudah ditentukan audience seperti apa yang menjadi target. Ini juga akan membantu Anda dalam mendapatkan tema yang unik dan khas dari blog travel yang Anda kelola.

Misalkan Anda menetapkan tema perjalanan ala backpacker, maka isi blognya selalu menunjukkan sisi seorang backpacker. Dari tema yang sudah dibuat maka akan didapatkan target pembaca yang jelas.

Dari sisi bisnis, target audience yang jelas akan membantu Anda mendapatkan iklan saat blog Anda sudah terkenal.

9. Berinteraksi dengan Pembaca

Menjadi travel blogger harus bisa dekat dengan pembaca atau pengunjung blog. Caranya adalah selalu berinteraksi melalui komentar pembaca yang muncul di setiap tulisan.

Tak peduli isi komentar itu pujian ataupun celaan, Anda harus bisa menyikapinya secara positif. Karena berkat merekalah blog Anda bisa semakin dikenal orang.

Anda pun bisa mendapatkan informasi atau masukan gratis lho dari komentar pembaca blog. Bahkan melalui komentar para pembaca, Anda akan mendapat inspirasi untuk mengunjungi satu daerah dan kemudian menuliskan kisahnya di blog.

10. Konsisten Menjaga Kualitas dan Kuantitas Konten

Jangan pernah berpikir blog Anda bisa dikenal orang hanya dalam hitungan bulan. Blog yang konsisten menjaga kualitas dan kuantitas konten saja baru bisa dikenal dalam 1-2 tahun kemudian.

Tidak usah langsung ciut. Memang butuh kerja keras dan kerja cerdas untuk bisa menjadi travel blogger ternama. Ketika kelak sudah bisa sejajar dengan travel blogger ternama yang sudah lebih dulu eksis, Anda pun bisa tersenyum bangga.

Penutup

Untuk bisa menjadi travel blogger yang dikenal banyak orang memang tidak akan bisa dengan cara instan. Namun, ketika tulisan di blog Anda sudah mampu menginspirasi banyak pembaca, itu menjadi tanda bahwa Anda sudah mulai menapaki tangga sukses sebagai seorang travel blogger ternama.

 


2 Comments

  1. Mukhofas Al Fikri Mei 20, 2017
  2. pebrianto Mei 26, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+