10 Prinsip Dasar Humas Penting Buat Usaha


Prinsip dasar humas merupakan sebuah pengetahuan yang tidak kalah penting dengan bidang lainnya dalam berusaha. Humas atau hubungan masyarakat merupakan bagaimana entitas usaha berinteraksi dengan publik, menjaga hubungan dengan komunitas dan mendapatkan informasi penting dari konsumen atau pihak lainnya. Sebuah usaha kecil membutuhkan kemahiran dalam melakukan humas dan menghindari praktik humas sebagai reaksi sebuah skandal. Berlatih humas berarti mengikuti prinsip dasar yang mengembangkan reputasi positif usaha Anda di bidang industri tersebut. Apa saja prinsip dasar humas itu?

Penipuan

Jangan pernah mengecoh publik dengan informasi yang Anda berikan. Sebuah kebohongan akan terbuka dan hasilnya bisa lebih buruk dari sebuah informasi yang Anda tutupi. Menghadirkan fakta dengan cara memberikan banyak keterangan sebisa mungkin.

Informasi Kontak

Setiap materi humas yang datang dari perusahaan harus mencantumkan informasi kontak meliputi nama, nomor telepon, email, alamat surat menyurat. Berikan publik kesempatan untuk mengikuti perkembangan informasi yang Anda sampaikan dan media untuk memberikan informasi lebih jauh jika mereka berpikir informasi Anda menarik.

Informasi Target

Maksud dari prinsip humas yang satu ini adalah efisiensi humas dalam penyampaian informasi. Penggunaan jasa layanan rilis pres dapat berakibat tingginya biaya informasi namun disisi lain hal itu mungkin tidak dapat dihindarkan. Strateginya adalah dengan mentarget informasi yang akan Anda berikan. Siapa menurut Anda yang paling berkepentingan dengan informasi yang akan Anda berikan?

Foto

Sebuah rilis pres dapat membantu publik memahami sudut pandang yang Anda coba bangun. Masukan foto yang berkaitan dalam pres rilis untuk memberikan gambaran jelas akan pesan Anda untuk menangkis kebingungan pesan yang bisa saja terjadi.

Relasi Media

Teman terbaik humas adalah jurnalis. Hubungan dengan media yang baik tidak hanya akan membuat rilis pres Anda dicetak di tempat ekslusif melainkan juga sebuah interview pribadi yang akan membuat perusahaan Anda semakin dikenal.

Peralatan

Prinsip humas selanjutnya adalah peralatan. Pahami semua alat humas yang Anda miliki dan kuasai bagaimana menggunakannya. Rilis pres, pidato, interview pribadi, seminar, website dan email merupakan beberapa alat humas profesional yang dapat digunakan untuk meraih audiens tertarget.

Pemilihan Waktu

Beberapa humas dapat dijadwalkan agar meraih hasil yang terbaik. Contohnya adalah pengumuman produk baru dapat dikoordinasikan dengan tim marketing untuk mendapatkan waktu yang tepat. Tim humas juga seharusnya bersiap memberikan informasi penting pada waktu yang tidak terduga seperti keadaan darurat atau munculnya skandal perusahaan.

Ketersediaan

Seorang reporter tidak akan mengkonfirmasi tepat waktu sesuai deadline jika Anda tidak dapat dihubungi setiap saat. Ketersediaan Anda sangat penting untuk pekerjaan humas profesional. Ini berarti memberikan semua informasi kontak Anda kepada media dan bersiap 24 jam.

Selalu Aktif

Perusahaan Anda harus menunggu waktu untuk memberikan materi kepada publik. Prinsip humas ini mengharuskan Anda untuk terus aktif menemukan cara mendapatkan informasi kepada konsumen atau media. Buat diri Anda selalu siap untuk seminar, pidato, dan menjadi anggota aktif organisasi profesional.

Pemeriksaan Fakta

Jangan pernah berikan informasi sebelum Anda periksa faktanya. Kembangkan sebuah mekanisme pemeriksaan fakta untuk rilis pres dan semua materi humas sebelum informasi itu dikonsumsi publik.

Apa Prinsip Dasar Humas Usaha Anda

Itulah kesemua prinsip dasar humas yang tidak bisa dikesampingkan khususnya jika Anda memiliki entitas usaha. Humas dapat menjadi kepanjangan tim pemasaran untuk memantapkan brand usaha dan mengembangkan usaha Anda ke tingkat yang lebih tinggi lagi.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+